Merasakan Kehadiran Tuhan di Ketinggian 131 Meter

Kompas.com - 19/04/2016, 22:30 WIB
Untuk mencapai rumahnya, Qavtaradze harus memanjat selama dua puluh menit melalui 131 atau 39 meter lebih anak tangga yang melekat pada pilar. Untuk mencapai rumahnya, Qavtaradze harus memanjat selama dua puluh menit melalui 131 atau 39 meter lebih anak tangga yang melekat pada pilar.
|
EditorHilda B Alexander

GEORGIA, KOMPAS.com - Rumah yang berada di Pilar Katskhi, Georgia, ini dimiliki oleh seorang biksu bernama Maxime Qavtaradze. Pada awal kehidupannya di pilar tersebut, Qavtaradze sangat mengalami kesulitan. 

"Selama dua tahun pertama tidak ada apa-apa di sini, jadi aku tidur di kulkas tua untuk melindungiku dari dinginnya cuaca," kata biksu berusia 59 tahun itu.

Hingga pada akhirnya, lanjut Qavtaradze, datang sekelompok umat Kristiani merenovasi sebuah kapel telantar di Pilar Katshki. Mereka juga membangun sebuah pondok untuk sang biksu.

"Di atas sini, di kesunyian ini Anda akan bisa merasakan kehadiran Tuhan," kata Maxime
Qavtaradze adalah seorang biksu yang menghabiskan hidupnya sesuai ajaran Stylites, yaitu sebuah perintah agama Bizantium.

Dalam ajarannya, Qavtaradze yakin, bahwa hidup di tempat tinggi akan mampu menghilangkan segala macam godaan dan memungkinkan untuk banyak berdoa.

"Di atas sini, di kesunyian ini Anda akan bisa merasakan kehadiran Tuhan," kata Maxime

Untuk mencapai rumahnya, Qavtaradze harus memanjat selama dua puluh menit melalui 131 meter lebih anak tangga yang melekat pada pilar.

Biasanya hal itu dilakukannya selama dua kali seminggu untuk berdoa di sebuah biara kecil di kaki pilar. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Telegraph
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X