Kompas.com - 19/04/2016, 21:40 WIB
|
EditorHilda B Alexander
VIETNAM, KOMPAS.com - Dalam serangkaian proyek pengembangan masyarakat, firma arsitektur Vietnam, 1+1>2 International Architecture JSC membangun sebuah rumah pembibitan berbahan dasar botol dan bambu.
 
Mereka bekerjasama dengan pusat penelitian pengembangan kesehatan masyarakat bernama COHED. Rumah pembibitan berbahan botol dan bambu ini dibangun di sebuah pedesaan yang masyarakatnya terkena HIV/AIDS.
 
Setidaknya ada tiga tujuan dari pembangunan rumah pembibitan ini. Pertama, untuk meningkatkan kualitas agrikultur desa setempat.
 
Kemudian untuk memperkuat hubungan antar masyarakat dan terakhir untuk membantu masyarakat dengan kondisi sosial yang tereintegrasi.
 
www.designboom.com Setidaknya, ada tiga utama tujuan dari pembangunan rumah pembibitan itu. Pertama, untuk meningkatkan kualitas agrikultur desa setempat. Selain itu, tujuannya adalah memperkuat hubungan antar masyarakat, dan terakhir membantu masyarakat dengan kondisi sosial yang terreintegrasi.
Lokasi pembangunan rumah ini ada di sebelah tanggul laut di wilayah Distrik Do Son, Hai Phong, Vietnam. Tiap tahunnya ada sekitar 12 topan terjadi di lokasi tersebut.
 
Hal ini kemudian memberikan tantangan tersendiri bagi para arsitek ketika membangun.
 
Para arsitek kemudian sadar bahwa tempat tinggal di lokasi itu harus dibuat untuk tanggap bencana alam dan mampu melindungi bibit tanaman.
 
Strategi yang mereka gunakan adalah membuat struktur di kaki tanggul, tempat yang terlindung dari angin kencang.
 
Agar lebih kuat lagi, para arsitek menempatkan pipa pondasi beton di dalam tanah dan meningkatkan kekuatan sistem bingkai yang berkelanjutan.
 
www.designboom.com Bambu bisa dimanfaatkan sebagai material konstruksi rumah.
Rumah pembibitan ini memiliki konsep estetika yang menampilkan prinsip-prinsip layar kapal, dan memunculkan aksen menarik antar bidangnya.
 
Kurva gabungan dari botol plastik terlihat berkilau layaknya furnitur bergerak dengan daya tarik visual yang kuat.
 
Dengan luas hanya 16 meter persegi dan didominasi bambu serta beratapkan 3000 botol plastik, rumah pembibitan ini menyediakan sekiat 10.000 bibit tomat per musim.
 
Fungsi lain rumah ini adalah sebagai tempat kegiatan anak-anak setelah sekolah.
 
Petani juga menggunakan rumah pembibitan untuk beristirihat dan bersantai setelah bekerja. Hingga kini, proyek pembanguan rumah pembibitan ini masih berlangsung sebagai sebuah penelitan yang disosialisasikan untuk terus melayani masyarakat.
 
www.designboom.com Dengan luas hanya 16 meter persegi didominasi oleh material bambu dan beratapkan 3000 botol plastik, rumah pembibitan itu menyediakan sekiat 10.000 bibit tomat per musim.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.