7 Cara Buat Rumah Bebas Debu dan Bakteri

Kompas.com - 09/04/2016, 16:20 WIB
Membersihkan kamar tidur bisa diawali dengan merapikan seprai. domainhomeMembersihkan kamar tidur bisa diawali dengan merapikan seprai.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Berdasarkan laporan ahli mikrobiologis asal Universitas Colorado Boulder, Dr Noah Fierer, rumah dengan segala macam tempat di dalamnya diperkirakan memiliki sekitar 2.000 spesies bakteri.

Hal itu kemudian membuat rumah tak ubahnya sebagai sebuah kebun binatang bakteri. Rumah terkadang menimbulkan alergen bagi para penghuninya.

Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan bakteri dan alergen dari dalam rumah.

1. Perbarui penghisap debu

Jika Anda telah menggunakan penghisap debu yang sama dalam kurun waktu puluhan tahun, sudah waktunya untuk segera memperbaruinya.

Penghisap debu lama Anda bisa memuntahkan kembali debu halus dan puing-puing yang sudah dihisap kembali ke udara sehingga menimbukan alergen.

Sebagai saran, ketika memutuskan untuk membeli atau memperbarui penghisap debu, Anda bisa memilih yang telah menggunakan teknologi filter bernama high efficiency particulate air (HEPA).

Teknologi filter tersebut mampu membuat bakteri dan alergen lainnya terjebak dalam penghisap debu.

2. Perhatikan tempat tidur

Ketika berada di atas kasur pada malam hari, Anda akan bersinggungan langsung dengan seprai yang mengandung kemungkinan besar jamur, bakteri, dan bahkan bulu hewan peliharaan sehingga menimbulkan alergi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X