Kompas.com - 29/02/2016, 12:36 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Resmi sudah Rancangan Undang Undang (RUU) Tabungan perumahan rakyat (Tapera) menjadi Undang Undang (UU) pada Selasa (23/2/2016) kemarin.

Disahkannya UU Tapera untuk merealisasikan Pasal 28H ayat (1) Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Pemenuhan kebutuhan rumah dan penyelenggaraan sistem pembiayaan rumah menjadi dua hal yang selalu beriringan menghiasi lika-liku pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan di Indonesia.

UU Tapera pun diharapkan dapat menjadi jawaban atas masalah pembiayaan yang selama ini merintangi pemenuhan kebutuhan rumah masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kontroversi pasca pengesahaan UU Tapera juga menjadi perhatian kalangan Istana. Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyatakan Negara ingin hadir dalam menyediakan sandang, pangan, dan papan untuk MBR.

“Undang-undang ini mungkin bagi sebagian memberatkan. Namun, bagi rakyat akan sangat memudahkan,” jelas Pramono di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2/2016).

Pramono juga menambahkan, keberadaan UU Tapera juga terkait dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ketika diturunkan dari 21-22 persen menjadi 9 persen dalam jumlah yang besar.

Mengomentari anggapan UU Tapera hanya untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja, Pramono menegaskan hal itu tak benar dan justru untuk semua rakyat Indonesia.

“Pemerintah dalam hal ini mengutamakan kebutuhan rakyat. Bahwa ada protes, enggak semua aturan bisa memuaskan semua orang. Tuntutan untuk mengkaji ulang ya monggo-monggo saja,” tegas Pramono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.