Kompas.com - 23/02/2016, 23:39 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menentukan besaran iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), pemerintah akan melakukan konsolidasi dengan pengusaha.

Selama ini pengusaha merasa dibebani dengan iuran-iuran pekerja. Menurut Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Golkar, M Misbakhun, konsolidasi ini bisa menjadi ajang curhat bagi pengusaha terkait beban-beban tersebut.

"Ini kesempatan pemerintah untuk melakukan konsolidasi pungutan-pungutan yang selama ini membebani pengusaha. Misalnya, perbedaan jaminan hari tua dengan pensiun. Itu jadi pertanyaan kita semua," ujar Misbakhun di Kompleks DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Misbakhun menuturkan, jangan sampai jaminan hari tua menjadi beban pengusaha. Selama ini definisi jaminan hari tua dan pensiun seringkali kabur.

Jaminan hari tua diberikan pada pekerja saat pensiun, sementara pensiun pembayaran tiap bulan setelah pensiun. Menurut dia, hal ini hanya soal sistem pebayaran.

Selain itu, pengusaha juga seakan-akan telah memberi subsidi perumahan. Padahal, menurut Misbakhun, tidak seperti itu.

"Kalau keberatannya pengusaha, pada tingkat berapa yang jadi beban pengusaha. Ini kita sinkronisasi semua. Mana jadi beban, atau jadi duplikasi. Mereka bisa curhat," jelas dia.

Misbakhun menambahkan, Tapera merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi kesenjangan antara ketersediaan dengan kebutuhan (backlog) rumah.

Pengusaha, dalam hal ini, diminta untuk mengerti peran negara yang harus menyelesaikan masalah backlog.

Beda dengan BPJS

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.