Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peritel Kelas Menengah Atas Pun Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Kompas.com - 21/02/2016, 18:17 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terhitung mulai hari ini, Sabtu (21/2/2016), plastik yang digunakan sebagai kantong belanja di gerai-gerai ritel kelas menengah atas milik PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) dikenakan harga Rp 200 (dua ratus rupiah).

Gerai-gerai tersebut adalah Foodhall, Sogo Department Store, Debenhams Department Store, Seibu Department Store, Galeries Lafayette Department Store, Lotus Department Store, dan ALun-Alun Indonesia. 

Komisaris PT Mitra Adiperkasa Tbk, Handaka Santosa, mengatakan, hal itu terkait surat yang dilayangkan Direktoat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor S/1230/PSLB3-PS/2016 tanggal 17 Februari 2016, tentang Harga dan Penerapan Kantong Plastik Berbayar. 

"Namun, sebelum itu diberlakukan, kami telah memasang 'POP' pada setiap konter kasir," ujar Handaka kepada Kompas.com, Minggu (21/2/2016). 

Dia menjelaskan, dana yang terkumpul akan digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com