Peritel Kelas Menengah Atas Pun Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Kompas.com - 21/02/2016, 18:17 WIB
Salah satu lini usaha Mitra Adi Perkasa, Sogo Department Store. www.sogo.co.idSalah satu lini usaha Mitra Adi Perkasa, Sogo Department Store.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Terhitung mulai hari ini, Sabtu (21/2/2016), plastik yang digunakan sebagai kantong belanja di gerai-gerai ritel kelas menengah atas milik PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) dikenakan harga Rp 200 (dua ratus rupiah).

Gerai-gerai tersebut adalah Foodhall, Sogo Department Store, Debenhams Department Store, Seibu Department Store, Galeries Lafayette Department Store, Lotus Department Store, dan ALun-Alun Indonesia. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komisaris PT Mitra Adiperkasa Tbk, Handaka Santosa, mengatakan, hal itu terkait surat yang dilayangkan Direktoat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor S/1230/PSLB3-PS/2016 tanggal 17 Februari 2016, tentang Harga dan Penerapan Kantong Plastik Berbayar. 

"Namun, sebelum itu diberlakukan, kami telah memasang 'POP' pada setiap konter kasir," ujar Handaka kepada Kompas.com, Minggu (21/2/2016). 

Dia menjelaskan, dana yang terkumpul akan digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). 




Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.