MACAN, Museum Seni Taraf Internasional Pertama di Indonesia

Kompas.com - 26/01/2016, 15:00 WIB
Museum MACAN siap dibuka di Jakarta pada awal tahun 2017. Museum MACAN siap dibuka di Jakarta pada awal tahun 2017.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Indonesia siap miliki museum pertama yang didedikasikan untuk seni kontemporer dan modern taraf internasional.

Museum ini akan mengambil tempat di Jakarta dan dijadwalkan resmi dibuka pada awal 2017. Nama yang disematkan untuk bangunan berfasad kaca ini ada;ah MACAN, kepanjangan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

MACAN akan dibangun dan dibiayai oleh pengusaha sekaligus kolektor seni kenamaan Indonesia, Haryanto Adikoesoemo.

Thomas J Berghuis yang sebelumnya menjadi kurator seni China di Museum Guggenheim New York ditunjuk menjadi direktur Museum MACAN.

Ke depannya, Museum MACAN ini akan menjadi bagian dari perkembangan seni rupa di Indonesia. Caranya dengan membangun relasi dengan institusi seni lainnya yang melaksanakan acara semacam Jakarta Biennale atau festival seni tahunan ArtJog.

"Saya ingin Museum MACAN bisa berkembang dan memajukan pemahaman orang Indonesia tentang seni dan apresiasinya terhadap seni," kata Haryanto seperti dilansir Nytimes.com.

Bukan hanya itu, Haryanto juga ingin membuat MACAN sebagai tempat untuk membuktikan dan membawa seni Indonesia ke mata dunia.

Saat ini museum seluas 3.994 meter persegi dan berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat itu sedang dalam tahap pembangunan.

Secara teknis, MACAN terdiri dari satu lantai banguan dan merupakan bagian dari proyek pengembangan besar yang mencakup kantor, apartemen, hotel, dan area ritel.

Menurut Haryanto, pendapatan yang diperoleh dari pengembangan lokasi itu sepenuhnya akan digunakan untuk operasional museum.


800 koleksi

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X