Kompas.com - 24/01/2016, 13:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com — Sebuah stasiun kereta bawah tanah biasanya diciptakan tanpa ada sentuhan seni. Namun, lain halnya dengan yang ada di Rusia, yang tampak seperti istana.

Selama beberapa bulan pada tahun kemarin, fotografer asal Kanada, David Burdeny, berkeliling di dua kota Rusia, yakni Moskwa dan St Petersburg.

Dalam perjalanannya itu, ia mengabadikan banyak gambar stasiun kereta dengan desain dan ornamen paling indah yang pernah ada di sebuah stasiun.

Kebanyakan stasiun itu dibangun pada awal hingga pertengahan abad ke-20 dan ditujukan sebagai propaganda rezim diktator Rusia, Joseph Stalin.

Burdeny menyatakan, stasiun-stasiun kereta bawah tanah yang ia temukan menjadi favorit orang-orang yang melakukan perjalanan menggunakan kereta.

Kebanyakan foto Burdeny, seperti foto Stasiun Belorusskaya yang dibangun pada 1938 di Moskwa, menunjukkan keindahan di tengah-tengah gelapnya pemerintahan Stalin kala itu.


Stasiun Belorusskaya yang dibangun pada 1938 di Moskow menunjukkan keindahan di tengah-tengah gelapnya pemerintahan Stalin kala itu.

Untuk mengambil gambar di tiap lokasi, Burdeny mesti mengurus izinnya terlebih dahulu. Burdeny mengaku, untuk foto-fotonya itu, ia menghabiskan biaya hingga 10 ribu dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 138,7 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.