Kompas.com - 22/12/2015, 10:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cerarufindo Primamandiri, produsen genteng, dan batu bata dengan merek dagang Karang Pilang menguasai pasar (market share) Bali sebesar 85 persen.

"Di Bali, 85 persen rumah-rumahnya itu menggunakan genteng dari Karang Pilang," ujar Presiden Direktur PT Cerarufindo Primamandiri Fancy Halim Ishak kepada Kompas.com, Kamis (10/12/2015).

Selain di Bali, produk Karang Pilang yang telah hadir sejak 59 tahun lalu juga telah menyebar di Surabaya dan daerah-daerah Indonesia bagian timur lainnya.

Tidak hanya itu, menurut Fancy, Karang Pilang juga diakui di wilayah Indonesia bagian barat.

Ia menambahkan, penjualan genteng lebih banyak didominasi di timur Indonesia karena dekat dengan pusat produksi, yakni Surabya. Di kota ini, pabrik Karang Pilang terdapat di dua tempat.

Sementara di Tangerang, Cerarufindo memiliki dua pabrik yang lebih banyak memproduksi rangka baja ringan dengan merek dagang Rangka Pilang.

Dengan demikian, pasar rangka baja ringan Rangka Pilang lebih banyak fokus di Jadebotabek.

Sementara untuk pemasarannya, Rangka Pilang ditempatkan pada tujuh ruang pamer yang tersebar di Jadebotabek.

Ekspor

Selain memenuhi pasar domestik, Karang Pilang dan Rangka Pilang telah diekspor ke beberapa negara, antara lain Australia, New Zealand, Jepang, Singapura, dan negara-negara Eropa.

Fancy mengungkapkan, saat ini  tengah menambahkan lebih banyak warna pada setiap produknya, sehingga pilihan konsumen lebih beragam.

Produk-produk Cerarufindo selain genteng dan baja ringan, terdapat cladding stone, coatings, cat genteng dan dinding, serta jendela dan pintu UPVC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.