Kompas.com - 09/12/2015, 09:15 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dimulai dengan pembangunan hotel-hotel.

Pasalnya, hotel adalah fasilitas utama sebagai tempat peristirahatan bagi wisatawan yang hendak berlibur di Mandalika.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tahap awal, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) akan membangun hotel Pullman dan Club Med.

"Pullman awal tahun depan akan mulai dibangun. Hotel yang lain masih lihat bagaimana masterplan-nya," ujar Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Kedua hotel ini dibangun melalui investasi ITDC. Untuk Pullman saja, ITDC menganggarkan Rp 400 miliar. Rencananya, hotel  dengan jumlah 250 kamar ini akan beroperasi pada awal 2018.

ITDC memilih Pullman karena namanya sudah sangat populer untuk fasilitas bintang empat ke atas.

Dengan demikian, diharapakan hotel ini bisa menarik operator atau investor lainnya untuk membangun hotel lain di Mandalika.

Sementara itu, untuk Club Med, ITDC mengalokasikan dana  sebesar Rp 900 miliar. Biaya ini digunakan untuk membangun hotel dengan kelas di atas bintang lima. Club Med rencananya dirancang 400 kamar.

Alasan ITDC menggandeng Club Med ke Mandalika, adalah karena jaringan anggotanya yang cukup besar yakni mencapai 1,6 juta di seluruh dunia.

Biasanya, di manapun Club Med membangun, anggota-anggotanya akan datang dan menginap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.