Kompas.com - 30/10/2015, 12:12 WIB
La Sagrada Familia, Barcelona, Spanyol. http://beachcomberpete.com/La Sagrada Familia, Barcelona, Spanyol.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Tak hanya bangunan modern komersial yang dirancang setinggi mungkin, bangunan relijius pun bisa dibuat tak kalah mengangkasa. Teranyar adalah La Sagrada Familia Basilica, di Barcelona, Spanyol.

Katedral ini dirancang oleh arsitek visioner Antoni Gaudi. Proses konstruksinya sudah memasuki tahap akhir atau 70 persen. Jika kelak rampung konstruksinya, La Sagrada Familia Basilica yang terdiri dari enam menara besar, bakal menjadi rumah ibadah tertinggi di Eropa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bangunan ini, akan mewarnai cakrawala Barcelona dan merupakan situs wisata utama yang sudah dirintis sejak 1882.

Kepala arsitek Jordi Fauli mengatakan target penyelesaian pembangunan menara dan sebagian struktur gereja pada 2026 bertepatan dengan peringatan ke-100 tahun kematian Gaudi masih sesuai jadwal.

Namun demikian, masih akan ada beberapa elemen yang tersisa untuk diselesaikan, contohnya penyelesaian dekorasi. Sehingga sulit diprediksi, ketepatan waktu penyelesaian bangunan keseluruhan. BIsa rampung pada 2030 atau tahun 2032.

"La Sagrada Familia memiliki menara utama setinggi 172,5 meter dan membuatnya sebagai katedral tertinggi di Eropa," lanjut Fauli.

Fauli baru saja meluncurkan tahap pembangunan berikutnya berupa amfiteater kecil di atas lantai gereja. Dari sini, ratusan pengunjung bisa menatap jendela kaca patri dan langit-langit berbentuk melengkung. Menara ini dirancang untuk menangkap sinar matahari masuk ke dalam gedung.

Gaudi yang meninggal pada tahun 1926 setelah tersambar troli, tidak pernah berharap katedral La Sagrada Familia akan selesai terbangun dalam hidupnya. Hanya satu fasad selesai ketika ia meninggal.

Fauli pun mengambil alih proyek ini sebagai kepala arsitek pada tahun 2012. Dia mewarisi tugas membuat gambar Gaudi, beberapa di antaranya hanya sketsa kasar, menjadi monumen besar.

La Sagrada Familia menjadi situs wisata paling fenomenal di Spanyol, tercatat dikunjungi oleh lebih dari 3,2 juta wisatawan pada 2014. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.