Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"La Sagrada Familia", Katedral Tertinggi Impian Antoni Gaudi

Kompas.com - 30/10/2015, 12:12 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya bangunan modern komersial yang dirancang setinggi mungkin, bangunan relijius pun bisa dibuat tak kalah mengangkasa. Teranyar adalah La Sagrada Familia Basilica, di Barcelona, Spanyol.

Katedral ini dirancang oleh arsitek visioner Antoni Gaudi. Proses konstruksinya sudah memasuki tahap akhir atau 70 persen. Jika kelak rampung konstruksinya, La Sagrada Familia Basilica yang terdiri dari enam menara besar, bakal menjadi rumah ibadah tertinggi di Eropa.

Bangunan ini, akan mewarnai cakrawala Barcelona dan merupakan situs wisata utama yang sudah dirintis sejak 1882.

Kepala arsitek Jordi Fauli mengatakan target penyelesaian pembangunan menara dan sebagian struktur gereja pada 2026 bertepatan dengan peringatan ke-100 tahun kematian Gaudi masih sesuai jadwal.

Namun demikian, masih akan ada beberapa elemen yang tersisa untuk diselesaikan, contohnya penyelesaian dekorasi. Sehingga sulit diprediksi, ketepatan waktu penyelesaian bangunan keseluruhan. BIsa rampung pada 2030 atau tahun 2032.

"La Sagrada Familia memiliki menara utama setinggi 172,5 meter dan membuatnya sebagai katedral tertinggi di Eropa," lanjut Fauli.

Fauli baru saja meluncurkan tahap pembangunan berikutnya berupa amfiteater kecil di atas lantai gereja. Dari sini, ratusan pengunjung bisa menatap jendela kaca patri dan langit-langit berbentuk melengkung. Menara ini dirancang untuk menangkap sinar matahari masuk ke dalam gedung.

Gaudi yang meninggal pada tahun 1926 setelah tersambar troli, tidak pernah berharap katedral La Sagrada Familia akan selesai terbangun dalam hidupnya. Hanya satu fasad selesai ketika ia meninggal.

Fauli pun mengambil alih proyek ini sebagai kepala arsitek pada tahun 2012. Dia mewarisi tugas membuat gambar Gaudi, beberapa di antaranya hanya sketsa kasar, menjadi monumen besar.

La Sagrada Familia menjadi situs wisata paling fenomenal di Spanyol, tercatat dikunjungi oleh lebih dari 3,2 juta wisatawan pada 2014. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com