Revolusi Besar-besaran Bakal Melanda Bisnis Perhotelan

Kompas.com - 19/10/2015, 13:00 WIB
Tipikal raffles jakartaTipikal "suite" hotel Raffles Jakarta, di kompleks superblok, Ciputra World 1 Jakarta, Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Revolusi besar-besaran bakal terjadi di sektor perhotelan. Hal ini terindikasi dari geliat caplok-mencaplok aset kaliber besar atau "mega-merger".

Sebut saja Jin Jiang Hotel, perusahaan China yang memasang kuda-kuda berupaya membeli Starwood Group, jaringan hotel dunia yang berbasis di Amerika Serikat. Jika itu terlaksana, hasilnya akan menjadi imperium hotel raksasa dengan aset 2.688 properti di seluruh dunia. 

Sebelumnya, menurut TOPHOTELPROJECTS, Jin Jiang Hotel sukses mengambil-alih pesaing terdekatnya yakni Plateno Hotel. Ambisi mereka menjadi nomor wahid di dunia terus berlanjut dengan mengakuisisi jaringan hotel Eropa, Louvre Hotels Group pada musim semi melalui Starwood Capital Group.

Selain Jin Jiang Hotel, nama besar lainnya yakni InterContinental Hotels Group (IHG) juga punya keinginan kuat mengambil Fairmont Raffles Hotels International (FRHI) Group dengan merek-merek mentereng macam Fairmont, Raffles, dan Swisshotel. Dengan akuisisi ini, FRHI Hotels Group bakal mengelola sebanyak 5.000 properti.

Berikut empat imperium hotel yang tengah bersiap melakukan transaksi "mega-merger":

1. Jin Jiang International Hotels Group menguasai sebanyak 235.461 kamar dari 1.566 hotel. Belum termasuk 5 properti konstruksi baru.

2. Starwood Hotels and Resorts memiliki aset 1.122 hotel dengan 354.225 kamar. Belum termasuk 557 konstruksi baru.

3. InterContinental Hotels Group (IHG) menguasai 4.840 hotel dengan 710.295 kamar. Belum termasuk 434 konstruksi baru.

4. Fairmont Raffles Hotels International (FHRI) beraset 116 hotel dengan 44.000 kamar. Belum termasuk 65 konstruksi anyar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X