Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung Dilanjutkan

Kompas.com - 30/09/2015, 14:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menandatangi pekerjaan pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara dan pelebaran jalan Batu Aji-Kuaro, Kalimantan Timur. Penandatanganan dua paket ini bernilai Rp 1,64 triliun.

Direktur Pembangunan Jalan, Ahmad Ghani Gazali mengatakan, pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung terdiri dari dua seksi dengan total panjang 39,9 kilometer. Paket pembangunan yang ditandatangani hari ini merupakan Seksi I Segmen 2 sepanjang 7 kilometer dengan nilai Rp 1,24 triliun.

"Seksi I sepanjang 14,9 kilometer merupakan dukungan pemerintah dan seksi II sepanjang 25 kilometer akan menjadi tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)," ujar Ghani di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Seksi I dibagi beberapa segmen, yakni pekerjaan fisik segmen 2 sepanjang 7 kilometer dibiayai melalui pinjaman dari China dan 7,9 kilometer dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Terdapat dua paket APBN yang saat ini dalam masa konstruksi dan lima paket dalam proses lelang.

thinkstock Ilustrasi
Sedangkan Seksi II sedang dalam proses prakualifikasi lelang investasi. Pembebasan lahan pada Seksi I Segmen 2 yang dilaksanakan sampai saat ini sudah mencapai 94 persen. Pembiayaannya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa Utara. Sementara sisa lahan yang belum dibebaskan akan dibiayai oleh Pemerintah Pusat.

Kontraktor pelaksananya adalah China Hebei Road dan Bridge Group. Co. Ltd yang bekerja sama dengan PT Hutama Karya (Persero) Tbk. Konstruksi direncanakan selesai pada Juni 2018.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com