Dua Hotel Internasional Dibangun di Kawasan Industri Pelabuhan Gresik

Kompas.com - 18/09/2015, 18:23 WIB
Hingga Senin (14/1/2013) sejumlah kapal masih sandar di Pelabuhan Gresik termasuk KM Express Bahari 1 C. Belum ada kapal yang melayani penumpang rute Gresik-Bawean sejak Sabtu (5/1/2013) KOMPAS/ADI SUCIPTOHingga Senin (14/1/2013) sejumlah kapal masih sandar di Pelabuhan Gresik termasuk KM Express Bahari 1 C. Belum ada kapal yang melayani penumpang rute Gresik-Bawean sejak Sabtu (5/1/2013)
SURABAYA, KOMPAS.com - Dua hotel berkelas internasional akan dibangun secara bersamaan di kawasan industri Pelabuhan Gresik, Jawa Timur. Pembangunan Hotel Novotel dan Ibis dengan total 450 kamar itu diklaim mendukung program pemerintahan Jokowi dalam mengembangkan industri Poros Maritim.

Selaku pengembang, AKR Land menggandeng AccorHotels untuk membangun kedua hotel di wilayah Grand Estate Marina (GEM) City.

"Pasarnya sudah jelas, mengakomodasi kebutuhan para pekerja pelabuhan, baik domestik maupun ekspatriat," kata Managing Director AKR Land, Widijanto, di Surabaya, Kamis (17/9/2015).

Untuk tahap awal, Novotel akan membangun 200 kamar, dan Ibis 250 kamar. Di tahap selanjutnya, akan berkembang menjadi 500 dan 450 kamar.

"Pertengahan tahun depan akan dimulai pekerjaan fisiknya, dan kami target rampung dua tahun," tambahnya.

Dia yakin, rencana bisnisnya itu sesuai dengan program pemerintah untuk mengembangkan poros maritim. Pembangunan dua hotel tersebut akan mendukung infrastruktur industri pelabuhan di kawasan Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE), di kawasan timur pulau Jawa itu.

Seperti diketahui, JIIPE yang berlokasi di sisi utara Gresik itu didesain sebagai cikal bakal kawasan pelabuhan terbesar di Indonesia. JIIPE, yang didukung fasilitas pelabuhan laut dalam itu, diharapkan mampu mendukung pengembangan industri baru yang akan mendukung kegiatan ekonomi untuk provinsi Jawa Timur dan Indonesia Timur.  



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X