Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Datang Ikon Baru Arsitektur Korea Selatan!

Kompas.com - 14/09/2015, 12:48 WIB
Nathania Hapsari

Penulis


KOMPAS.com - Tahun iniKorea Selatan menambah satu lagi karya arsitektur modern dalam tata kotanya. Firma arsitek Samoo bekerja sama dengan Kunwon & ABLine baru saja merancang sebuah kawasan fasilitas budaya yang dibangun di Kota Sejong, Korea Selatan.

Proyek tersebut dirancang menyesuaikan rencana Pemerintah Korea Selatan untuk membangun sebuah kota administratif. Letaknya 130 km sebelah selatan dari Kota Seoul.

Proyek yang diberi nama 'Presidential Archive' itu didaulat sebagai salah satu infrastruktur paling menonjol dari Sejong. Bentuk kubus dari bangunan utamanya terinspirasi dari segel besar yang digunakan oleh presiden saat menandatangani dokumen administrasi dan diplomatik resmi.

Adapun bagian luar bangunan utama yang transparan ditujukan sebagai penjaga suhu udara dalam bangunan agar tetap dingin selama musim panas. Namun, desain tersebut tetap memungkinkan lancarnya penghawaan alami di musim semi dan musim gugur. Fasad unik itu juga yang memberikan tampilan ikonik pad keseluruhan bangunan.

Untuk menambahkan nilai ramah lingkungan pada proyek ini, bagian atap dari bangunan non-utama telah dirancang sebagai atap hijau dengan hamparan rumput yang menutupi 50 persen permukaannya.

Keberadaan atap hijau itu juga bermanfaat dalam mengurangi panas matahari yang akan berpengaruh pada suhu ruang di dalam bangunan. Selain itu, bagian atap hijau itu juga dapat dialih-fungsikan sebagai area penyelenggaraan acara-acara di luar ruang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com