Menyoal "Terjungkalnya" Ciputra Group di Tangan Sinarmas Land Group

Kompas.com - 07/09/2015, 07:00 WIB
The Elements, di kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. Dokumentasi Sinarmas LandThe Elements, di kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada yang menyangkal, dua naga ini punya kontribusi signifikan terhadap wajah sektor properti di Indonesia. Apa pun yang mereka kembangkan, akan menjadi model bagi pengembang-pengembang lainnya.

Dua kelompok usaha properti besar itu adalah Ciputra Group, dan Sinarmas Land Group. Keduanya memiliki kesamaan yakni dikendalikan oleh generasi mudanya Candra Ciputra, dan Michael Widjaja. 

Kendati demikian, ada banyak perbedaan yang membuat keduanya berada dalam posisi diametral. Dalam kacamata Direktur Central Cipta Murdaya Holding (CCM), Karuna Murdaya, Ciputra Group tak bisa dibantah adalah merupakan pengembang yang punya komitmen tinggi, dan konsisten memperjuangkan pengembangan hunian bagi masyarakat dalam semua tingkatan (level kelas).

"Mereka konsisten mengerjakan itu, sejak dulu. Karena patron Ciputra, sangat berpengaruh," ujar Karuna kepada Kompas.com, Kamis malam (3/9/2015).

Ciputra Group dinilai Karuna lebih konservatif, untuk tidak dikatakan hati-hati, meskipun telah memiliki lebih dari 70 portofolio perumahan di 38 kota seluruh Indonesia. Sementara Sinarmas Land Group sangat agresif, khususnya untuk properti komersial. Imperium bisnis terakhir ini juga lebih menyasar segmen pasar kelas menengah ke atas. 

www.ciputraworldjakarta.com Ciputra World Jakarta
Karena itulah, ketika kategori The Best Developer atau pengembang terbaik Indonesia Property Awards 2015 jatuh ke tangan Sinarmas Land Group, Karuna demikian terkejut. Padahal, sebelum kemenangan itu diumumkan, Karuna dan beberapa pengembang lainnya yang hadir pada malam penganugerahan di InterContinental Hotel, Jakarta, Kamis (3/9/2015), menjagokan Ciputra Group.

"They are consistently building for a better Indonesia," tandas Karuna. 

Meski dipecundangi Sinarmas Land Group, Candra Ciputra toh tak berkecil hati. Dia dengan sportif mengakui rivalnya tersebut lebih baik sehingga panel juri Indonesia Property Awards 2015 yang diketuai Paul Noonan dari WT Partnership, Australia, menetapkan Sinarmas Land Group sebagai pengembang terbaik Indonesia.

"Mereka lebih baik. Kami harus bekerja lebih keras lagi. Kami menghargai keputusan dewan juri yang merupakan ahli di bidangnya," kata Candra, seraya tersenyum.

Hilda B A/KOMPAS.com CEO Ciputra Group, Candra Ciputra (tengah).
Transparan

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X