Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sederhana Pilih Furnitur

Kompas.com - 06/09/2015, 13:27 WIB
Nathania Hapsari

Penulis

KOMPAS.com - Membeli furnitur bukan perkara sederhana karena biaya yang dikeluarkan tak sedikit. Membeli furnitur juga bukan tanpa risiko. Bisa saja furnitur yang dibeli tidak cocok dengan interior Anda atau bahkan kurang bagus kualitasnya sehingga cepat rusak ketika digunakan sehari-hari.

Untuk itu, berikut ini tips menganalisa furnitur yang bisa jadi pedoman Anda sebelum memilih furnitur.

1. Konstruksi

Konstruksi furnitur yang paling bagus adalah kayu solid atau kayu asli. Konstruksi kayu solid memiliki daya tahan yang lebih bagus, dibanding konstruksi berbahan alumunium ataupun particle board.

2. Desain

Pilih furnitur dengan gaya desain tahan lama dan masih memungkinkan untuk tetap dipadu-padankan meskipun kelak Anda mengubah gaya interior. Anda bisa terlebih dahulu mencari referensi soal gaya-gaya desain tahan lama, untuk menentukan furnitur tersebut.

3. Penyelesaian akhir

Jika furnitur Anda berbahan kayu solid, pastikan entuhan akhir atau finishing-nya dalam keadaan bagus karena lapisan akhir akan semakin menonjolkan tampilan kayu tersebut. Anda juga bisa menambahkan sendiri finishing lain untuk menciptakan citra yang berbeda pada furnitur lawas.

4. Kain pelapis

Untuk beberapa furnitur yang sering digunakan seperti sofa ruang keluarga atau karpet ruang tamu, pilihlah warna gelap agar tidak terihat cepat kotor.

5. Gaya

Yang terpenting dari memilih furnitur adalah bagaimana furnitur tersebut dapat merepresentasikan selera pribadi Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com