Kompas.com - 06/09/2015, 13:27 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Membeli furnitur bukan perkara sederhana karena biaya yang dikeluarkan tak sedikit. Membeli furnitur juga bukan tanpa risiko. Bisa saja furnitur yang dibeli tidak cocok dengan interior Anda atau bahkan kurang bagus kualitasnya sehingga cepat rusak ketika digunakan sehari-hari.

Untuk itu, berikut ini tips menganalisa furnitur yang bisa jadi pedoman Anda sebelum memilih furnitur.

1. Konstruksi

Konstruksi furnitur yang paling bagus adalah kayu solid atau kayu asli. Konstruksi kayu solid memiliki daya tahan yang lebih bagus, dibanding konstruksi berbahan alumunium ataupun particle board.

2. Desain

Pilih furnitur dengan gaya desain tahan lama dan masih memungkinkan untuk tetap dipadu-padankan meskipun kelak Anda mengubah gaya interior. Anda bisa terlebih dahulu mencari referensi soal gaya-gaya desain tahan lama, untuk menentukan furnitur tersebut.

3. Penyelesaian akhir

Jika furnitur Anda berbahan kayu solid, pastikan entuhan akhir atau finishing-nya dalam keadaan bagus karena lapisan akhir akan semakin menonjolkan tampilan kayu tersebut. Anda juga bisa menambahkan sendiri finishing lain untuk menciptakan citra yang berbeda pada furnitur lawas.

4. Kain pelapis

Untuk beberapa furnitur yang sering digunakan seperti sofa ruang keluarga atau karpet ruang tamu, pilihlah warna gelap agar tidak terihat cepat kotor.

5. Gaya

Yang terpenting dari memilih furnitur adalah bagaimana furnitur tersebut dapat merepresentasikan selera pribadi Anda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.