Rumus Praktis Menghitung Kebutuhan "Wallpaper"

Kompas.com - 04/09/2015, 00:50 WIB
Ilustrasi dreamstimeIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan wallpaper sebagai pelapis dinding bisa menjadi alternatif yang lebih praktis dan ekonomis dibanding mengecat.

Mengutip www.ideaonline.co.id, wallpaper juga memiliki kelebihan lain seperti motif yang beragam, mampu menutupi retak dinding, dan daya tahannya dapat mencapai 3-8 tahun. 

Untuk menghitung kebutuhan wallpaper sesuai ukuran dinding interior, ada rumusnya mudahnya.

1. Wallpaper dijual dalam bentuk gulungan atau rol.

Lebar rol yang umum di pasaran adalah 50 sentimeter dan 93 sentimeter. Panjangnya berkisar antara 5 meter, 10 meter, dan 17,5 meter. Untuk mengetahui perkiraan jumlah gulungan yang harus dibeli, Anda dapat menghitungnya dengan cara berikut: luas dinding satu sisi = (panjang x tinggi) - (luas jendela atau pintu).

2. Atau bila Anda ingin memasang wallpaper  pada seluruh dinding ruangan, gunakan cara berikut: luas dinding satu ruangan = (keliling ruangan x tinggi ruangan) - (luas bidang jendela atau pintu).

Setelah mengetahui luas dinding yang akan dilapis, Anda dapat mengetahui banyaknya gulungan wallpaper  yang diperlukan dengan cara membagi luas dinding dengan luas lembaran wallpaper.

Untuk mendapatkan luas wallpaper, Anda hanya perlu mengalikan panjang dan lebarnya saja. Mudah bukan? Selamat mencoba.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X