Kompas.com - 27/08/2015, 09:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam penilaian dan pemberian sertifikasi Green Label Indonesia pada produk-produk bahan bangunan, prosesnya tidaklah singkat dan mudah. Meski demikian, setifikasi di dalam negeri justru lebih murah. 

Menurut Ketua Green Building Council Indonesia (GBCI) Naning Adiningsih Adiwoso, Green Product Council Indonesia (GPCI) akan mengundang beberapa asosiasi terkait untuk membicarakan kesiapan industri dalam menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan.

"Kita bisa ambil angka 5 (nilai tertinggi produk hijau), nanti jadi 7 atau 10. Dalam 10 tahun, diharapkan green industry menciptakan green product," ujar Naning kepada Kompas.com, Rabu (26/8/2015).

Naning menuturkan, hal ini dilakukan agar sertifikasi tidak mematikan industri tersebut. Tujuannya justru mengangkat industri supaya mau berubah. Mekanismenya adalah industri mendaftarkan ke GPCI. Kemudian, bersama asosiasi terkait, GPCI akan tentukan rating tools-nya.

Asosiasi akan menggunakan kriteria itu untuk memverifikasi, sementara yang mengeluarkan sertifikasi adalah GPCI. Sertifikasi ini mengikuti Standardisasi Nasional Indonesia, namun lebih detail sebagai produk hijau.

Saat ini, kata Naning, produk-produk dalam negeri harus mencari sertifikasi ke luar negeri. Pasalnya, belum ada badan yang mengeluarkan sertifikasi hijau secara resmi dan diakui. Meski belum menentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan pelaku industri dalam menerbitkan sertifikat, Naning mengklaim, sertifikasi GPCI akan jauh lebih murah.

"Kalau sertifikasi di dalam negeri, industri tidak keluarkan cost ke luar negeri. GPCI sendiri organisasi non-profit, tujuan kita mendorong industri dan masyarakat untuk menggunakan produk hijau," jelas Naning.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.