Akhir Tahun 2015, Wika Garap "Double Track" Ganda Manggarai-Jatinegara

Kompas.com - 30/07/2015, 16:00 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (Wika) menandatangani Perjanjian Pembangunan Pelaksanaan Paket Pekerjaan Paket A; Pembangunan Fasilitas Perkeretaapian untuk Manggarai sampai dengan Jatinegara, yakni pekerjaan jalan rel dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Wika dinyatakan sebagai pemenang lelang Pelaksanaan Paket Pekerjaan Paket A sesuai dengan Surat Penunjukan Penetapan Pemenang oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia No. PL. 405/4/14 Phb 2015, pada tanggal 24 Juni 2015. Penetapan pemenang tender ini berdasarkan evaluasi kualifikasi, administrasi dan teknis, harga serta pembuktian kualifikasi.

"Proyek ini milik Kementerian Perhubungan di bawah Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Tujuannya adalah peningkatan pelayanan kereta api," ujar Direktur Keuangan Wika Adji Firmantoro usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Kantor Pusat Wika, Jakarta, Kamis (30/7/2015). 


Adji menuturkan, Wika akan membangun jalur ganda double track ketiga dan keempat, sehingga nantinya total akan menjadi 4 jalur. Proyek ini terdiri dari 5 paket dan berharap, pekerjaannya bisa dimulai akhir tahun ini. Rencananya, proyek senilai Rp 363,26 miliar ini akan dilaksanakan selama 886 hari kalender atau hingga 31 Desember 2017.

Lingkup utama pekerjaan proyek meliputi pekerjaan platform, yaitu Stasiun Manggarai, Matraman dan Jatinegara. Lingkup utama lainnya adalah jalan rel yang mencakup pasokan, penghamparan dan pemadatan ballast, pasokan dan pemasangan bantalan, dan pasokan dan pemasangan rel termasuk turn out serta scissor crossing.

Proyek double track ganda Manggarai-Jatinegara ini bukanlah proyek pertama Wika untuk pekerjaan infrastruktur perkeretaapian. Sebelumnya, Wika pernah menyelesaikan Proyek Elevated Railway Double Track Manggarai-Kota, Double Track Kutoarjo-Yogyakarta, Double Track Tanah Abang-Serpong, Depo Depok, Jembatan KA Baru BH. 1549 Tahap 1 antara Lebeng-Maos Lintas Bogor-Yogyakarta Paket JB.12-06, Double Track Kereta Api Cikampek - Cirebon Lintas Utara II, Segmen III, Double Track Semarang-Bojonegoro, dan Mass Rapid Transit (MRT) CP 101-102, CP 104-105 yang saat ini sedang berlangsung.

Selain di Pulau Jawa, Wika juga menjajaki proyek kereta api di Aceh dan Sulawesi. Namun, proyek ini masih dalam proses tender.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.