Shanghai, Chengdu, dan Jakarta Pemasok Hotel Terbanyak di Asia Pasifik

Kompas.com - 17/06/2015, 09:00 WIB
ILUSTRASI - Kamar hotel ShutterstockILUSTRASI - Kamar hotel
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Shanghai, Chengdu, dan Jakarta tercatat sebagai tiga pasar utama yang memasok dan membangun hotel terbanyak di kawasan Asia Pasifik.

Menurut laporan STR Global, penyedia data dan periset hotel yang berbasis di London, per Mei 2015, jumlah kamar hotel yang sedang dalam tahap konstruksi di ketiga pasar utama itu sebanyak 19.809 unit.

"Shanghai menempati urutan teratas dengan 7.334 kamar, Chengdu kedua dengan 6.278 kamar, dan Jakarta di posisi ketiga terbanyak dengan 6.197 kamar," tulis STR Global dalam laporan yang dikirim kepada Kompas.com, melalui surel pada Rabu (17/6/2015).

Menyusul di peringkat empat pasar utama dengan pembangunan hotel terbanyak adalah Bali. Di Pulau Dewata yang masih menjadi destinasi wisata favorit dunia ini, sedang dikembangkan sebanyak 5.719 kamar hotel berbagai kelas.

Sementara secara umum, kata STR Global, kawasan Asia Pasifik sedang membangun sebanyak 556.592 kamar dari total 2.388 hotel. Jumlah ini meningkat 6,8 persen ketimbang catatan pada Mei tahun lalu, namun menurun 1,3 persen jika dibandingkan kinerja sepanjang 2014.

Data tersebut dihimpun STR Global berdasarkan kontrak yag meliputi proyek-proyek yang tengah dalam tahap konstruksi, perencanaan akhir dan tahap perencanaan tetapi tidak termasuk proyek-proyek dalam tahap belum dikonfirmasi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X