Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shanghai, Chengdu, dan Jakarta Pemasok Hotel Terbanyak di Asia Pasifik

Kompas.com - 17/06/2015, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Shanghai, Chengdu, dan Jakarta tercatat sebagai tiga pasar utama yang memasok dan membangun hotel terbanyak di kawasan Asia Pasifik.

Menurut laporan STR Global, penyedia data dan periset hotel yang berbasis di London, per Mei 2015, jumlah kamar hotel yang sedang dalam tahap konstruksi di ketiga pasar utama itu sebanyak 19.809 unit.

"Shanghai menempati urutan teratas dengan 7.334 kamar, Chengdu kedua dengan 6.278 kamar, dan Jakarta di posisi ketiga terbanyak dengan 6.197 kamar," tulis STR Global dalam laporan yang dikirim kepada Kompas.com, melalui surel pada Rabu (17/6/2015).

Menyusul di peringkat empat pasar utama dengan pembangunan hotel terbanyak adalah Bali. Di Pulau Dewata yang masih menjadi destinasi wisata favorit dunia ini, sedang dikembangkan sebanyak 5.719 kamar hotel berbagai kelas.

Sementara secara umum, kata STR Global, kawasan Asia Pasifik sedang membangun sebanyak 556.592 kamar dari total 2.388 hotel. Jumlah ini meningkat 6,8 persen ketimbang catatan pada Mei tahun lalu, namun menurun 1,3 persen jika dibandingkan kinerja sepanjang 2014.

Data tersebut dihimpun STR Global berdasarkan kontrak yag meliputi proyek-proyek yang tengah dalam tahap konstruksi, perencanaan akhir dan tahap perencanaan tetapi tidak termasuk proyek-proyek dalam tahap belum dikonfirmasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com