Kompas.com - 04/06/2015, 07:00 WIB
Ilustrasi elledecorIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak dioperasikan selama satu tahun, kapasitas produksi PT Conwood Indonesia terus bertambah. Meski begitu, Conwood belum menggunakan seluruh lini produksinya.

"Pabrik masih satu lini produksi. Satu lini memproduksi 3.000 ton per bulan," ujar Commercial Director Chitpan Tandavanitj, saat pameran Indonesia Building Technology Expo 2015, di Jakarta Convention Center, Senayan, Rabu (3/6/2015).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika dikonversi ke dalam satuan luas, menurut Chitpan, maka kapasitas Conwood saat ini setara dengan 99.000 meter persegi per bulan. Saat ini, alternatif pengganti kayu tersebut memiliki lima lini produksi. Namun ia mengaku, untuk konstruksi, pabrik Conwood baru memulai produksi pada lini kedua.

Chitpan menargetkan, dalam waktu ke depan, kelima lini produksi bisa digunakan. Tahun lalu, PT mereka membenamkan investasi sebesar 50 juta dollar AS atau setara Rp 600 miliar. Nilai investasi itu dimanfaatkan untuk membangun pabrik Conwood. Pabrik tersebut berada di kawasan industri Jababeka dan dioperasikan Juni 2014.

Menurut Senior Commercial Manager Ferry Wiaga Djajaprawira, sampai saat ini, perusahaan belum berencana untuk menambah pabrik baru. Sebelumnya, kapasitas pabrik perdana seluas 8 hektar ini mampu memproduksi 36.600 ton per tahun untuk satu lini produksi atau 183.000 ton per tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.