Rumah Sepanjang 65 Meter, Ciptakan Hubungan Intim Penghuni dan Alam

Kompas.com - 19/03/2015, 16:15 WIB
Rumah yang didesain oleh Studio MK27 ini memiliki dinding tertutup di satu sisi dan transparan di sisi lainnya. Dinamakan Casa Mororo. www.dezeen.comRumah yang didesain oleh Studio MK27 ini memiliki dinding tertutup di satu sisi dan transparan di sisi lainnya. Dinamakan Casa Mororo.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Dewasa ini, banyak hunian yang dibuat dengan konsep minimalis ataupun vertikal. Namun, sebuah rumah di pedesaan Brasil justru dibangun secara horizontal sepanjang 65 meter. Bukan yang terpanjang di dunia, memang, tapi desainnya inspiratif.

Rumah ini dirancang oleh Studio MK27, memiliki dinding tertutup di satu sisi dan transparan di sisi lainnya. Dipimpin oleh arsitek Marcio Kogan, studio asal Sao Paulo, Brasil tersebut membangun Casa Mororo di wilayah berbukit lebih dari 160 kilometer di luar perkotaan.

Lokasi Casa Mororo memiliki suhu yang jarang melebihi 20 derajat Celcius. Oleh karena itu untuk menjaga penghuninya tetap nyaman, bangunan dibentuk seperti gudang dengan tampilan menyerupai rumah.

Eksterior didominasi lapisan logam bergelombang. Namun salah satu sisi eksterior rumah menggunakan material kaca untuk menciptakan teras dan kolam renang dalam ruangan.

" Arsitektur bangunan ini berupaya menciptakan ruang internal utama pada hari-hari yang dingin, Secara eksternal, volume bangunan yang sama akan menciptakan "dualisme" antara blok tertutup dan transparan," ujar Kogan.

Klien Casa Mororo sebenarnya meminta pembangunan rumah pada titik tertinggi dari lokasi lereng di mana penghuni bisa mendapatkan pemandangan terbaik. Namun Kogan membujuk mereka untuk membangunnya di wilayah yang lebih rendah di sekitar pepohonan pinus.

"Solusi ini memungkinkan bangunan dikelilingi oleh alam. Menciptakan hubungan yang intim dengan lokasi," tandas Kogan.

www.dezeen.com Wilayah transparan dengan kaca sepanjang 14 meter berisikan teras beraspal serta kolam renang yang memperluas salah satu sisi, sauna tertutup dan ruang ganti di sisi lain, serta cerobong asap di dinding belakang.
Wilayah transparan dengan kaca sepanjang 14 meter berisikan teras beraspal serta kolam renang yang memperluas salah satu sisi, sauna tertutup dan ruang ganti di sisi lain, serta cerobong asap di dinding belakang.

Sistem ventilasi terintegrasi membantu mencegah kondensasi dari embun pada kaca. Hal ini memungkinkan penghuni untuk dapat selalu melihat ke pepohonan saat berenang. Dek balkon utama terhubung dengan ruang keluarga dan area makan dengan meja besar yang mampu diduduki 16 orang.

Dapur dan meja sarapan berada di sepanjang bagian belakang ruangan. Namun hal tersebut dapat disembunyikan di balik dinding layar lipat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Dezeen
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X