Agar Stop Kontak di Kamar Mandi Tetap Aman

Kompas.com - 20/12/2014, 12:34 WIB
Instalasi listrik di kamar mandi harus aman. www.shutterstock.comInstalasi listrik di kamar mandi harus aman.
EditorLatief
KOMPAS.com - Sejatinya, setiap kamar mandi harus memiliki rancangan dan perencanaan tersendiri dalam memecahkan permasalahan mengenai listrik. Tentu, karena setiap kamar mandi memiliki kebutuhan berbeda.

Contohnya adalah kamar mandi kering. Kamar mandi jenis ini biasanya memiliki kabinet wastafel, yang areanya menyediakan tempat untuk menggunakan peralatan elektronik, misalnya hair dryer, pengeriting rambut, alat cukur, dan lainnya.

Kini, dengan berkembangnya model kamar mandi yang sangat pesat, kebutuhan akan kamar mandi kering juga semakin banyak. Tapi, bagaimanakah cara menyediakan listrik yang aman dengan stop kontak di samping meja kamar mandi yang aman? Berikut langkahnya:

- Ketahui jumlah stop kontak yang Anda perlukan, lalu tentukan titik penempatannya. Biasanya stop kontak diletakkan di dekat wastafel atau di samping meja rias.

- Gunakan stop kontak yang memiliki penutup sehingga lubang stop kontak selalu terlidung dari percikan air.

- Jika sistem kabel stop kontak dan lampu digabungkan, kabel dari sub panel dibagi dan dihubungan dengan beberapa stop kontak dan lampu. Semuanya harus dalam satu sirkuit listrik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber IDEA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X