Kompas.com - 18/12/2014, 16:34 WIB
|
EditorLatief

SERPONG, KOMPAS.com - Perumahan yang dilengkapi jaringan rumah pintar atau smart home perlahan makin mendapat tempat di kalangan konsumen. Pengembang punya "mainan" baru yang memungkinkan konsumen mengatur peralatan elektronik dari telepon pintar mereka di rumahnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Promotion & Marketing Director PT Surya Realti, Andreas Audyanto, pada peluncuran Botanica Valley tahap pertama di Alam Sutera, Banten, Kamis (18/12/2014). Konsep smart home di perumahan tersebut menggunakan jaringan fiber optik.

"Setiap pemilik rumah nantinya akan mendapatkan sebuah PIN pribadi untuk mengakses perangkat elektronik di rumah mereka," ujar Andreas.

Dia menuturkan, Telkom melalui IndiHome, memilih Botanica Valley sebagai proyek percontohan dalam penerapan rumah pintar. Sebelum Botanica Valley, IndiHome telah menerapkan sistem serupa di Bali Resort Serpong.

"Untuk satu tahun pertama, penghuni mendapat fasilitas telepon, TV kabel, dan internet gratis," kata Andreas.

Adapun fasilitas tambahan lainnya menjadi pilihan bagi penghuni. Artinya, pemilik rumah bisa memilih untuk mengaktifkan fitur tersebut atau tidak.

"Penghuni punya pilihan paket smart home, mulai dari pengaturan lampu dan elektronik lain (melalui telepon genggam pintar), sampai panic button," tutur Andreas.

Selain dilengkapi konsep rumah pintar, Andreas juga mengklaim perumahan tersebut ramah lingkungan. Konsep hunian di sini didominasi oleh ruang terbuka hijau.

"Dari enam hektar luas lahan Botanica Valley, 65 persennya untuk lahan hijau dan sisanya untuk bangunan," kata Andreas.

Dia menyebutkan, total perumahan yang akan dibangun adalah 270 unit dalam dua tahap. Untuk tahap pertama pihaknya akan memasarkan sebanyak 131 unit di lahan seluas 4,6 hektar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.