Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2014, 18:26 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Pengembang OVG Real Estate sukses membangun kantor baru untuk Deloitte/AKD di Zuidas, Amsterdam. Bangunan ini dinamakan "The Edge".

The Breeam mengeluarkan sertifikat desain dengan predikat "outstanding" atau "luar biasa" untuk gedung ini. Selain itu, pada 11 Desember 2014, The Edge juga meraih penghargaan dari Building Research Establishment (BRE), penilai global bangunan berkelanjutan.

Skor yang mampu dicetak The Edge sebesar 98,36 persen atau grade A. Ini merupakan rekor terbaru di dunia yang sebelumnya dipegang oleh One Embankment Place di London, Inggris.

OVG dan PLP Architects kemudian bekerja sama dengan perusahaan layanan profesional global Deloitte, menyatukan sekelompok ahli untuk merancang sebuah bangunan yang fokus pada lingkungan binaan. Mereka juga mengutamakan kenyamanan, kesehatan dan produktivitas pengguna gedung.

Gedung perkantoran seluas 40.000 meter persegi ini, mulai didesain pada 2010. Sementara konstruksinya berawal pada 2011 dan selesai pada 2014. Desainnya memaksimalkan efisiensi bangunan dan menciptakan lingkungan kerja yang kreatif dan inspiratif. Bangunan ini juga menggunakan energi netral.

Inovasi yang digunakan, antara lain unit penyimpanan energi panas aquifer  yang menghasilkan semua energi yang dibutuhkan untuk pemanas atau pendingin ruangan, sistem pemulihan ventilasi panas, pengumpulan dan penggunaan kembali air hujan, serta tenaga LED.

The Edge adalah bangunan pertama yang menggunakan ethernet bertenaga LED yang memungkinkan karyawan mengatur iklim dan cahaya ruang kerja masing-masing, melalui aplikasi pada ponsel pintar mereka. Teknologi ini tidak hanya menghemat biaya energi, tetapi juga berfungsi sebagai sarana untuk memberikan informasi dan data tentang bagaimana memonitor gedung agar lebih efisien dalam pemakaian energi.

Bangunan ini memiliki atrium besar di sisi utara. Bagian tertutup pada elevator di selatan serta atapnya dilengkapi dengan panel fotovolteik. Tidak hanya itu, bangunan ini juga terhubung ke instalasi penyimpanan panas bumi dan sistem distrik pemanas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+