Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Dikepung Sembilan Hotel Supermewah Baru

Kompas.com - 03/12/2014, 07:53 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Jakarta berkutat di angka 60 persen hingga 70 persen, namun tak menyurutkan para pengembang untuk membangun fasilitas akomodasi baru.

Bahkan, menurut STR Global, TPK hotel berbintang di ibukota per Oktober 2014 hanya mencapai rerata 63,3 persen. Turun 10 persen dari kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Meski begitu, toh hotel-hotel baru tetap saja bermunculan. Dalam catatan Cushman and Wakefield Indonesia, sampai tahun 2018, terdapat 36.000 kamar hotel baru berbagai kelas. Termasuk di dalamnya hotel-hotel luks alias supermewah.

Direktur PT Ciputra Property Tbk., Artadinata Djangkar, mengatakan, bisnis hotel berbintang, terlebih bintang lima ke atas memang sudah "terbiasa" dengan TPK sekitar 60 persen.

"Tapi sebaliknya, harga sewa kamarnya justru naik sekitar 50 persen dalam dua tahun terakhir," ujar Artadinata kepada Kompas.com, Selasa (2/12/2014).

Hal tersebut merupakan fenomena menarik sekaligus menjadi pemantik para pengembang berlomba mendatangkan merek-merek hotel tenar. Setelah Grand Hyatt, Mandarin Oriental, Kempinski, Luxury Collection, JW Marriott, dan The Ritz Carlton, kini muncul top brand  lainnya.

Jakarta pun kemudian menjadi incaran ekspansi bisnis St Regis Hotels and Residences, Raffles Hotels and Residences, W Hotels, dan Rosewood Hotels, sekadar menyebut nama. Dalam catatan Kompas.com, ada sembilan merek hotel supermewah baru yang akan "mengepung" Jakarta hingga 2018 mendatang.

Merek supermewah terbaru yang memastikan kehadirannya di Jakarta adalah Waldorf Astoria dan Sofitel So. Nama pertama yang merupakan level tertinggi dari Hilton Worldwide Group, sukses didatangkan PT Putragaya Wahana menjadi operator untuk hotel mereka di Thamrin Nine Complex, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sedangkan Sofitel So, merek premium dari Sofitel Luxury Hotel sebagai tentakel bisnis Accor Group, digandeng Farpoint untuk menjadi operator hotel di kompleks The Hundred, kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Marketing & Promotion Manager Putragaya Wahana, Grace Tjugiarto, memastikan Waldorf Astoria merupakan hotel dengan level tertinggi yang akan beroperasi di kawasan Thamrin.

"Kami merencanakan pembukaan hotel pada tahun 2018 mendatang. Jumlah kamarnya terbatas, kurang dari 200 unit. Betul-betul eksklusif dengan tarif mulai 400 dollar AS per malam," jelas Grace.

Sedangkan Raffles Hotel, kata Artadinata, ditujukan untuk para pemuncak eksekutif mancanegara mematork tarif sekitar 300 dollar AS per malam. Raffles Hotel dibuka untuk publik pada Februari 2015. Saat ini ballroom-nya sudah bisa digunakan dengan kapasitas 2.500 orang.

Berikut sembilan hotel mewah baru yang akan hadir di Jakarta hingga 2018 mendatang:

Fairmont Jakarta

Berlokasi di Senayan Square, Jakarta Selatan, tak jauh dari CBD Sudirman. Fairmont Jakarta menawarkan 371 kamar khusus dan 117 suites. Hotel yang dikelola jaringan Canadian Pacific Hotels ini dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat perkotaan. Termasuk di antaranya ruang serbaguna seluas 3.500 meter persegi, dan ballroom seluas 1.200 meter persegi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com