Cantik... Melukis Kota-kota Dunia dengan Alat Bedah!

Kompas.com - 14/11/2014, 14:14 WIB
Paduan ide dan kreativitas biasanya akan menimbulkan karya luar biasa. Salah satunya adalah lukisan Damien Hirst yang dibuat menggunakan peralatan bedah. www.designboom.comPaduan ide dan kreativitas biasanya akan menimbulkan karya luar biasa. Salah satunya adalah lukisan Damien Hirst yang dibuat menggunakan peralatan bedah.
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Paduan ide dan kreativitas biasanya akan menimbulkan karya luar biasa. Salah satunya adalah lukisan Damien Hirst yang dibuat menggunakan peralatan bedah.

Seniman asal Inggris itu baru-baru ini memperkenalkan lukisan terbarunya itu di Galeri Kubus Putih, Sao Paolo, Brasil. Damien menamakan lukisannya sebagai "The Black Scalpel Cityscapes" dan menggambarkan sebuah potret kota yang hidup.

www.designboom.com Damien menggambar menggunakan pisau bedah, silet, pengait, kikir besi, dan peniti. Lukisan itu makin terlihat elegan, tatkala Damien memadukannya dengan latar belakang hitam.
Selain menggunakan instrumen bedah, Damien juga mengatur lukisannya dalam komposisi pandangan mata burung terhadap peta tampilan situs perkotaan. Baik kota dan elemen alam dalam lukisan itu digambarkan dengan baik oleh Damien.

Uniknya, ia menggambar menggunakan pisau bedah, silet, pengait, kikir besi, dan peniti. Lukisan itu makin terlihat elegan, tatkala Damien memadukannya dengan latar belakang hitam.

www.designboom.com Damien menggambar menggunakan pisau bedah, silet, pengait, kikir besi, dan peniti. Lukisan itu makin terlihat elegan, tatkala Damien memadukannya dengan latar belakang hitam
Pada pameran di Sao Paolo itu Damien menampilkan 17 kota dalam lukisannya. Kota-kota tersebut merupakan tempat yang berhubungan dengan kehidupan Damien atau pusat ekonomi, politik, dan agama. Beberapa kota itu di antaranya Washington DC, Roma, Vatikan, Leeds (tempat Damien dibesarkan), Beijing, Moskow, New York, dan London.

"The Black Scalpel Cityscapes" ditampilkan dalam kondisi all seeing eye dan memberikan realitas yang tak terhindarkan dalam kehidupan modern. Secara bersamaan, proyek ini mengacu pada referensi metafora pada prosedur militer bernama 'bom bedah' atau 'serangan bedah.' Prosedur tersebut biasa digunakan dalam perang modern dan bertujuan untuk membatasi kerusakan dengan menargetkan area-area tepat untuk dihancurkan.

www.designboom.com Damien menampilkan 17 kota dalam lukisannya. Kota-kota tersebut merupakan tempat yang berhubungan dengan kehidupan Damien atau pusat ekonomi, politik, dan agama. Beberapa kota itu di antaranya Washington DC, Roma, Vatikan, Leeds (tempat Damien dibesarkan), Beijing, Moskow, New York, dan London.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X