Kompas.com - 14/11/2014, 11:01 WIB
Capaian itu diperoleh Jepang berdasarkan pilihan responden yang mengutip M Latief/KOMPAS.comCapaian itu diperoleh Jepang berdasarkan pilihan responden yang mengutip "keunikan" Jepang dan erat menghubungkan negara itu dengan teknologi, kesehatan dan pendidikan, dan warisan seni dan budaya.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Jepang menyalip Swiss untuk menduduki peringkat pertama The Strongest Country Brands atau Merk Negara Terkuat tahun ini. Capaian itu diperoleh dari responden yang mengutip "keunikan" Jepang dan erat menghubungkan negara itu dengan teknologi, kesehatan dan pendidikan, dan warisan seni dan budaya.

"Ini adalah negara yang baik dan tidak pernah tinggal diam," kata salah seorang responden.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka melebihi seluruh dunia dalam teknologi robot dan rekayasa," tambah responden tersebut.

Responden lain mengatakan Jepang adalah "yang paling ahli" di bidang teknologi, elektronik, dan otomotif, dan teknologi. Inovasi menjadi selalu momentum paling penting pada negara ini.

M Latief/KOMPAS.com Responden lain mengatakan Jepang adalah
Sementara itu, Swiss mengambil tempat kedua. Para responden menghubungkan negara ini dengan standar hidup yang tinggi, keselamatan dan keamanan, kesehatan dan pendidikan.

Seperti halnya Jepang, para responden menilai, Swiss juga diidentifikasi sebagai negara paling mementingkan momentum dalam teknologi dan inovasi ketimbang negara lain, dan bahkan dianggap "paling ahli". Responden menggambarkan negara ini dengan kata-kata seperti "indah", "bersih", "aman," dan "mahal".

"Transportasinya sangat efisien, industri bisnisnya tajam, industri perbankan, pemandangan indah, standar hidup yang tinggi, orang-orang yang hangat," tulis salah satu responden, menggambarkan negara yang terkenal dengan netralitas internasional dan sistem perbankan yang bijaksana itu.

www.dailymail.co.uk Seperempat abad setelah jatuhnya Tembok Berlin, perbatasan antara Barat dan Timur Jerman itu kini diterangi oleh 8.000 balon bercahaya.
Responden juga menuliskan, beberapa merek utama yang sangat terkait erat dengan Swiss adalah Rolex, Nestle, Patek Philippe, Tag Heuer, dan Lindt. 

Adapun tempat ketiga dalam daftar merek negara terkuat adalah Jerman. Negara ini digambarkan dengan kata-kata responden seperti "bir", "teknologi", "budaya", "mobil", "keselamatan", dan "mengagumkan".

"Negara ini menopang zona ekonomi Eropa dan sebagai konsekuensinya, bahkan seluruh Eropa," tulis salah satu responden.

"Juga, karena setelah menghancurkan dunia lewat perang dunia kedua, Jerman harus mengubah dirinya dan dalam beberapa tahun itu memposisikan diri sebagai pemimpin dunia tak terbantahkan," ujar seorang responden. 

Responden paling dekat mengasosiasikan Jerman dengan standar hidup tinggi, teknologi canggih, dan infrastruktur yang baik. Negara ini dianggap "paling ahli" di bidang otomotif, diikuti oleh teknologi, dan transportasi. Merek utama terkait erat dengan negara ini diantaranya Siemens, Adidas, Bayer, Volkswagen, dan Lufthansa.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber forbes.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.