Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Lima Investor Jepang Masuk Pasar Properti Indonesia

Kompas.com - 08/10/2014, 18:03 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima investor Jepang bersiap masuk pasar properti Indonesia tahun 2015 mendatang dengan total nilai investasi sebesar 250 juta dollar AS. Kelima investor tersebut merupakan perusahaan properti terbuka yang termasuk dalam daftar sepuluh besar di negaranya.

Country Head Knight Frank Indonesia, Willson Kalip, mengungkapkan kepastian investasi dari Jepang tersebut kepada Kompas.com, Rabu (8/10/2014).

"Total nilai investasi sekitar 250 juta dollar. Mereka akan memulai realisasi investasi pada tahun depan. Saat ini negosiasi sudah memasuki tahap final," ujar Willson.

Willson menambahkan, tiga dari lima pengembang tersebut baru pertama kali masuk pasar properti Indonesia. Sementara dua lainnya sudah pernah berinvestasi di sektor properti komersial dan residensial.

"Kelimanya akan menggarap properti residensial (hunian vertikal), perkantoran, dan juga hotel. Mereka menggandeng pengembang lokal dengan skema kerjasama permodalan (joint  venture)," tandas Willson.

Lebih lanjut Willson menuturkan, ketertarikan investor Jepang memperluas bisnis karena alasan diversifikasi produk. "Sama halnya dengan pengembang kita yang melakukan ekspansi ke mancanegara seperti Lippo Group, dan Sinar Mas Land Group," kata Willson.

Selain itu, menurut Associate Director for Consultancy and Research Knight Frank Indonesia, Hasan Pamudji, Indonesia dilirik asing karena merupakan pasar yang sangat menggiurkan. Secara geografis strategis, dan secara demografis sangat menjanjikan karena tumbuhnya kelas menengah.

"Sekitar 55 persen penduduk Indonesia berusia produktif. Situasi politik dan keamanan relatif stabil, dan terutama pertumbuhan ekonomi yang masih positif, kendati tahun depan diperkirakan melambat 5,1-5,5 persen," imbuh Hasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com