Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sadarkah, Bumi Makin Hancur oleh Urbanisasi dan Globalisasi?

Kompas.com - 08/11/2014, 15:29 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Dua pekan ke depan, tepatnya Kamis (20/11/2014), Pusat Arsitektur Denmark (DAC) akan membuka sebuah pameran yang didedikasikan untuk bumi. Pameran ini akan menyoroti pergeseran monumental selama beberapa dekade terakhir di seluruh muka bumi.

Urbanisasi dan globalisasi telah mengubah lanskap alam. Permukaan bumi telah benar-benar berubah. Lewat pameran itu, tergambar betapa beratnya "beban" bumi yang melayang di atas kota-kota di peta dunia.

Beban bumi itu muncul seiring merebaknya jaringan infrastruktur yang dibangun oleh manusia. Sumber-sumber daya kehidupan lalu ikut hancur mengenaskan.

www.designboom.com Wajah Dubai pada 2003 (kiri) dan kondisi Dubai pada 2014 (kanan).
Maka, di pameran ini, lewat foto udara dari google earth, kita pun tiba-tiba bisa melihat dengan jelas hal-hal yang kita sebelumnya tidak kita sadari. Ya, setiap gambar yang dipilih akan memaparkan cerita unik tentang kondisi planet ini, mulai sebaran masyarakat kepulauan menuju kota-kota besar, serta permukiman pertanian yang maha luas.

Kemudian, pengunjung pameran akan memasuki sebuah ruangan gelap dengan beragam foto evolusi. Foto-foto evolusi itu menampilkan visualisasi subjek yang sama di berbagai momen dalam waktu berbeda. Masing-masing foto itu juga disertai fakta mengerikan tentang perubahan muka bumi.

www.designboom.com Laut Aral, Uzbekistan, pada 1999 (kiri) dan Laut Aral pada 2013 (kanan).
"Selain menjadi cantik, foto-foto ini juga menunjukkan beberapa perubahan, globalisasi, urbanisasi dan perubahan iklim," jelas Martin Winther, Manajer Komunikasi di DAC.

"Pengunjung pameran akan senang dan kagum dengan keragaman bumi, tetapi pada saat yang sama mengingatkan bahwa sumber daya bumi kita ini tidak tak terbatas, dan kita memiliki kewajiban bersama untuk menjaga apa yang kita miliki," tambahnya.

Pameran tersebut meliputi empat tema utama, yaitu makanan, energi, transportasi, serta air. Semua tema itu akan menggambarkan masa depan manusia, perkotaan dan lanskap bumi yang nyata.

"Beban bumi itu datang sebagai hasil kerjasama erat antara arsitek dan perencana perkotaan," ujar Winther.

www.designboom.com Kondisi Hutan Amazon pada 1975 (kiri) dan kondisinya pada 2008 (kanan).
"Arti keseluruhan gambar ini menunjukkan seperti apa dunia yang terlihat saat ini dan yang mungkin berakhir di masa depan nanti," tambahnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com