Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Dubai Bersiap Bangun Menara Kembar Tertinggi di Dunia!

Kompas.com - 31/10/2014, 13:31 WIB
Latief

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Pengembang Emaar Properties dan Dubai Holdings bermitra untuk melaksanakan proyek besar di tepi laut Dubai. Proyek tersebut adalah enam menara apartemen dan sepasang bangunan berbentuk roket yang mereka klaim sebagai pencakar langit kembar tertinggi di dunia.

Memang, meski belum ada arsitek yang ditunjuk resmi untuk proyek ini, desain masterplan-nya sudah diluncurkan. Masterplan tersebut menunjukkan suatu daerah yang besarnya tiga kali ukuran Downtown Dubai yang dibangun oleh Emaar. Downtown Dubai tak lain merupakan lokasi Burj Khalifa berada, yaitu menara tertinggi di dunia.

"Rencananya di lokasi terbuka. Dubai Creek Harbour ini akan menggabungkan kota dengan kontur alami sungai," Ketua Emaar, Mohamed Alabbar, pada konferensi pers.

"Dubai baru ini akan melompati banyak kota-kota lain di dunia global. Merujuk masterplan-nya, ini akan lebih besar dari Downtown Dubai dan akan mendukung pembangunan komersial dan budaya kota ini," tambahnya.

Seluas 6 juta meter persegi, Dubai Creek Harbour akan meliputi 39.000 hunian apartemen dan 22 hotel. Penjualan perdananya akan digelar awal November ini. Sayangnya, belum ada tanggal pasti yang ditetapkan untuk pembangunan menara kembar tersebut. 

Skema tersebut tampaknya akan rencana sebelumnya untuk daerah di pusat kota Dubai yang disebut The Laguna. Rencana itu termasuk pembangunan pulau-pulau reklamasi. 

Situs tersebut berdekatan dengan Ras Al Khor Wildlife Sanctuary, rumah bagi sekitar 450 spesies hewan berbeda. Emaar mengatakan, kawasan itu akan "tetap sakral" dengan rencana ada proyek Dubai Creek Harbour, antara lain pusat kunjungan baru yang akan membawa pesan keanekaragaman hayati yang berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Seperti diketahui, sejarah pembangunan pencakar langit di Dubai dimulai dengan pembangunan Dubai World Trade Center (DWTC) setinggi 149 meter pada 1979. Awalnya, bangunan tersebut menjadi pencakar langit tertinggi di Timur Tengah.

Namun, sejak 1999 bangunan pencakar langit lainnya mulai dibangun. Pada tahun ini ada sekitar 22 bangunan setinggi lebih dari 200 meter. Kini, Dubai memiliki 352 bangunan tinggi. Jumlahnya akan bertambah mengingat ada 302 bangunan lain tengah dibangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com