Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asing Diizinkan Ikut Bangun "Giant Sea Wall"

Kompas.com - 29/10/2014, 19:02 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta membuka peluang bagi investor asing ikut membangun tanggul di atas laut atau giant sea wall. Asisten Gubernur Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Wiriyatmoko, mengutarakan hal tersebut serta kaitannya dengan potensi dan daya saing Jakarta menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Kami mempersilakan investor asing untuk masuk ke Jakarta dan ikut membangun giant sea wall. Tentu saja mereka harus ikut mekanisme dan aturan yang kita tetapkan," ujar Wiriyatmoko kepada Kompas.com, Rabu (29/10/2014).

Jakarta, lanjut dia, sudah mengantisipasi pemberlakuan MEA 2015 mendatang dengan menyiapkan seperangkat aturan dan regulasi pendukungnya. Selain itu, Jakarta juga telah membuat standardisasi proyek, termasuk untuk industri dan usaha jasa konstruksi.

"Saat ini kami sedang dalam tahap persiapan sosialisasi standardisasi kepada para pelaku usaha jasa konstruksi," kata Wiriyatmoko.

Dia mengatakan, Jakarta harus siap dengan kompetisi pasar bebas. Menurutnya, dampak masuknya investor asing akan sangat besar pengaruhnya bagi Jakarta, khususnya bagi pelaku industri usaha jasa konstruksi.

"Kalau tidak siap, Jakarta akan kalah saing," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com