Kompas.com - 29/10/2014, 19:02 WIB
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta membuka peluang bagi investor asing ikut membangun tanggul di atas laut atau giant sea wall. Asisten Gubernur Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Wiriyatmoko, mengutarakan hal tersebut serta kaitannya dengan potensi dan daya saing Jakarta menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Kami mempersilakan investor asing untuk masuk ke Jakarta dan ikut membangun giant sea wall. Tentu saja mereka harus ikut mekanisme dan aturan yang kita tetapkan," ujar Wiriyatmoko kepada Kompas.com, Rabu (29/10/2014).

Jakarta, lanjut dia, sudah mengantisipasi pemberlakuan MEA 2015 mendatang dengan menyiapkan seperangkat aturan dan regulasi pendukungnya. Selain itu, Jakarta juga telah membuat standardisasi proyek, termasuk untuk industri dan usaha jasa konstruksi.

"Saat ini kami sedang dalam tahap persiapan sosialisasi standardisasi kepada para pelaku usaha jasa konstruksi," kata Wiriyatmoko.

Dia mengatakan, Jakarta harus siap dengan kompetisi pasar bebas. Menurutnya, dampak masuknya investor asing akan sangat besar pengaruhnya bagi Jakarta, khususnya bagi pelaku industri usaha jasa konstruksi.

"Kalau tidak siap, Jakarta akan kalah saing," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.