Kompas.com - 22/10/2014, 11:18 WIB
|
EditorLatief
BANJARMASIN, KOMPAS.com - Ciputra Group melalui PT Ciputra Mitra Medika, merencanakan pembukaan rumah sakitnya ketiga, Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin, pada Oktober 2015 mendatang. Kepastian tersebut disampaikan Head of Marketing Department Head Citra Land Banjarmasin, Rudy Andreas, kepada Kompas.com, Selasa (21/10/2014).

"Kami jadwalkan pembukaan pada Oktober 2015 mendatang. Saat ini Citra Mitra Hospital sedang dalam tahap pembangunan yang sudah dimulai sejak 16 April 2014 lalu," jelas Rudy.

Ciputra Mitra Hospital merupakan salah satu fasilitas utama di dalam kawasan perumahan Citra Land Banjarmasin, menyusul beroperasinya sekolah internasional Mitra Kasih. Pembangunan rumah sakit itu sendiri menelan investasi Rp 250 miliar yang juga mencakup 205 tempat tidur (bed).

Rudy menuturkan, fasilitas kesehatan ini merupakan rumah sakit tipe B atau kategori rumah sakit swasta paling tinggi, dengan persyaratan cukup ketat. Dibangun di atas lahan 1,5 hektar, bangunan rumah sakit tersebut terdiri dari dua tower yang akan dibangun secara bertahap seiring kebutuhan masyarakat .

Tahap pertama akan dibangun satu tower terdiri dari lower ground dan enam lantai. Adapun menara kedua dirancang untuk kantor pelayanan dengan total luas bangunan 15.880 meter persegi.

Selain didesain dengan konsep modern, Ciputra Mitra Hospital disiapkan sebagai gedung ramah lingkungan dan hemat energi. Upaya itu berlaku mulai lanskap, taman pada atap, serta fasadnya untuk menambah kesejukan, pengelolaan air limbah, serta pemilihan alat mekanikal dan elektrikal, maupun peralatan medisnya.

"Di dalam rumah sakit ada 35 ruang poliklinik untuk pasien rawat jalan, Unit Gawat Darurat dengan total kapasitas 12 tempat tidur, tiga kamar bedah, ruang medical check up, ruang radiologi yang lengkap, fisioterapi, Intensive Care baik untuk dewasa, anak, maupun bayi, juga dokter spesialis yang dibutuhkan," kata Rudy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.