Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Sibuk, Changi Bersiap Tambah Terminal

Kompas.com - 21/10/2014, 14:34 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bandara tersibuk keenam di dunia, Bandara Changi Singapura berencana melakukan berbagai pengembangan. Seperti dituturkan Assistant Vice President Corporate and Marketing Communications Changi Airport Group, Robin Goh, pihaknya akan melakukan perluasan dan penambahan terminal.

"Kami akan menambah terminal, yaitu Terminal 4. Lokasinya itu, dulunya di tahun 2006, merupakan terminal untuk maskapai bujet. Rencananya akan dibuka tahun 2017 untuk semua maskapai, tidak hanya maskapai bujet. Nanti juga akan dipenuhi toko dan restoran," kata Robin di Jakarta, Rabu (15/10/2014) pekan lalu.

Robin menuturkan, Terminal 4 tersebut diproyeksikan bisa menampung hingga 16 juta penumpang per tahun. Saat ini, Bandara Changi memiliki tiga terminal dengan total daya tampung hingga 66 juta penumpang per tahun.

Adapun predikat bandara tersibuk keenam itu didapatkan berdasarkan data Changi Airport Group periode Juni 2013 sampai Juni 2014. Bandara ini menampung hingga 53.253.990 penumpang.

Robin menuturkan, sebagai bandara yang sibuk dan merupakan air hub di kawasan Asia Tenggara, pihaknya harus terus berpikir ke depan, terutama dalam hal perluasan terminal. Alasannya, lanjut dia, pembangunan terminal sebuah bandara sendiri perlu waktu hingga 8 tahun.

"Jadi, harus merencanakannya jauh-jauh hari. Minimal sebuah terminal itu baru bisa rampung lima tahun. Ketika kami lihat Changi mulai penuh, kami mulai perkirakan perlunya pembangunan tambahan terminal," kata Robin.

Sebagai gambaran, papar Robin, perluasan Terminal 1 yang selesai pada 2012 lalu itu saja memerlukan waktu empat tahun. Rencananya, Terminal 1 akan kembali diperluas dan diperkirakan selesai pada 2018.

"Nanti ada penambahan di Terminal 1, yaitu Project Jewel. Bentuk bangunannnya seperti berlian," tutur Robin.

Area parkir di Terminal 1 seluas 3,5 hektar dan akan dibangun menggunakan material dari kaca hingga nantinya berbentuk seperti berlian. Area perluasan itu akan menghubungkan tiga terminal lainnya di Changi. 

Menurut Robin, Project Jewel bisa menambah daya tampung penumpang sebanyak dua juta orang. Tak cukup hanya itu. Pihaknya juga akan membangun Terminal 5 sebagai proyek masa depan. Targetnya, terminal ini akan dibuka pada 2020. Jika hal itu benar-benar terjadi, maka terminal ini akan menjadi salah satu terminal bandara terbesar di dunia.

"Terminal 5 akan menampung 50 juta penumpang per tahun," ujar Robin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com