Makin Sibuk, Changi Bersiap Tambah Terminal

Kompas.com - 21/10/2014, 14:34 WIB
Terminal 3 di Bandara Changi Singapura Dok. Changi Airport GroupTerminal 3 di Bandara Changi Singapura
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bandara tersibuk keenam di dunia, Bandara Changi Singapura berencana melakukan berbagai pengembangan. Seperti dituturkan Assistant Vice President Corporate and Marketing Communications Changi Airport Group, Robin Goh, pihaknya akan melakukan perluasan dan penambahan terminal.

"Kami akan menambah terminal, yaitu Terminal 4. Lokasinya itu, dulunya di tahun 2006, merupakan terminal untuk maskapai bujet. Rencananya akan dibuka tahun 2017 untuk semua maskapai, tidak hanya maskapai bujet. Nanti juga akan dipenuhi toko dan restoran," kata Robin di Jakarta, Rabu (15/10/2014) pekan lalu.

Robin menuturkan, Terminal 4 tersebut diproyeksikan bisa menampung hingga 16 juta penumpang per tahun. Saat ini, Bandara Changi memiliki tiga terminal dengan total daya tampung hingga 66 juta penumpang per tahun.

Adapun predikat bandara tersibuk keenam itu didapatkan berdasarkan data Changi Airport Group periode Juni 2013 sampai Juni 2014. Bandara ini menampung hingga 53.253.990 penumpang.

Robin menuturkan, sebagai bandara yang sibuk dan merupakan air hub di kawasan Asia Tenggara, pihaknya harus terus berpikir ke depan, terutama dalam hal perluasan terminal. Alasannya, lanjut dia, pembangunan terminal sebuah bandara sendiri perlu waktu hingga 8 tahun.

"Jadi, harus merencanakannya jauh-jauh hari. Minimal sebuah terminal itu baru bisa rampung lima tahun. Ketika kami lihat Changi mulai penuh, kami mulai perkirakan perlunya pembangunan tambahan terminal," kata Robin.

Sebagai gambaran, papar Robin, perluasan Terminal 1 yang selesai pada 2012 lalu itu saja memerlukan waktu empat tahun. Rencananya, Terminal 1 akan kembali diperluas dan diperkirakan selesai pada 2018.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nanti ada penambahan di Terminal 1, yaitu Project Jewel. Bentuk bangunannnya seperti berlian," tutur Robin.

Area parkir di Terminal 1 seluas 3,5 hektar dan akan dibangun menggunakan material dari kaca hingga nantinya berbentuk seperti berlian. Area perluasan itu akan menghubungkan tiga terminal lainnya di Changi. 

Menurut Robin, Project Jewel bisa menambah daya tampung penumpang sebanyak dua juta orang. Tak cukup hanya itu. Pihaknya juga akan membangun Terminal 5 sebagai proyek masa depan. Targetnya, terminal ini akan dibuka pada 2020. Jika hal itu benar-benar terjadi, maka terminal ini akan menjadi salah satu terminal bandara terbesar di dunia.

"Terminal 5 akan menampung 50 juta penumpang per tahun," ujar Robin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X