"Micro Cluster Cabins", Kabin Cantik untuk Liburan Keluarga

Kompas.com - 14/10/2014, 14:02 WIB
Rumah tersebut terdiri dari tiga bangunan runcing yang dirancang untuk memungkinkan keluarga berlibur bersama sambil menjaga ruang pribadi mereka masing-masing. Untuk mengakomodir kebutuhan itu, ada dua kamar tidur kabin terpisah dan ruang makan bersama. www.dezeen.comRumah tersebut terdiri dari tiga bangunan runcing yang dirancang untuk memungkinkan keluarga berlibur bersama sambil menjaga ruang pribadi mereka masing-masing. Untuk mengakomodir kebutuhan itu, ada dua kamar tidur kabin terpisah dan ruang makan bersama.
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Liburan merupakan aktivitas yang hampir setiap orang ingin lakukan, terlebih bersama keluarga. Agenda tersebut akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Atas dasar itulah, Reiulf Ramstad Arkitekter, sebuah firma arsitektur asal Norwegia, membuat tiga buah kabin untuk digunakan sebuah keluarga besar saat berlibur. Reiulf menamakan rumah liburan ini sebagai 'Micro Cluster Cabins.'

Dibangun di wilayah pesisir Vestfold, Norwegia, 'Micro Cluster Cabins' dibuat untuk sepasang suami istri dengan dua anak laki-laki yang siap menjadi orang tua. Rumah tersebut terdiri dari tiga bangunan runcing yang dirancang untuk memungkinkan keluarga berlibur bersama sambil menjaga ruang pribadi mereka masing-masing. Untuk mengakomodir kebutuhan itu, ada dua kamar tidur kabin terpisah dan ruang makan bersama.

"Klien kami ingin sebuah kabin untuk seluruh anggota keluarga, tapi di saat bersamaan kabin ini juga dapat terbagi sesuai dengan fungsinya," ujar Ramstadt.

www.dezeen.com Sebuah jendela mengkilap berbentuk segitiga berada di ruang tamu dengan menghadap langsung ke arah lapangan. Pintu kaca geser dibuat terbuka ke sebuah halaman di tengah kabin.
Karena itulah, lanjut Ramstadt, pihaknya membuat sebuah hunian dengan tiga struktur yang bisa digunakan secara pribadi atau individual. Kabin itu dibangun di sebuah tempat terpencil di kaki bukit bebatuan. Iklimnya yang sejuk membuat kabin tersebut memiliki ruang tamu terbuka. Selain itu, pemandangan pedesaan juga terhampar dari dapur yang dilengkapi kaca mengkilap di ujungnya.

"Kami telah melakukan diskusi tentang bagaimana arsitektur bangunannya dengan padu padan bersama dinding batu alami di perbukitan yang mampu memicu iklim mikro lokal dan memperpanjang penggunaan rumah dari awal musim semi hingga awal musim dingin," jelas Ramstadt.

Sebuah jendela mengkilap berbentuk segitiga berada di ruang tamu dengan menghadap langsung ke arah lapangan. Pintu kaca geser dibuat terbuka ke sebuah halaman di tengah kabin.

Kabin tersebut membagi fasilitas memasak dan tinggal dalam sebuah 'ruang ekstrovert' yang dikelilingi kaca di sekitarnya. Sementara itu, kamar tidur dan kamar mandi ada di dua kabin privat lainnya yang bermaterialkan kayu dan dilengkapi dengan mezanin di sekitarnya.

www.dezeen.com Kabin tersebut membagi fasilitas memasak dan tinggal dalam sebuah 'ruang ekstrovert' yang dikelilingi kaca di sekitarnya. Sementara itu, kamar tidur dan kamar mandi ada di dua kabin privat lainnya yang bermaterialkan kayu dan dilengkapi dengan mezanin di sekitarnya.
Adapun di bagian luar, kabin tersebut dilengkapi kayu kuat dengan dua jendela persegi panjang sempit. Sementara itu, pintu masuk untuk ke ketiga kabin dihubungkan oleh sebuah dek kecil. Baik interior dan eksterior kabin ini bermaterialkan kayu-kayu lokal yang memang sengaja digunakan untuk memadukan kabin dengan lingkungan sekitar sepanjang waktu. Cantik!

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Dezeen
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X