Jakarta Tidak Akan Pernah Menjadi Kota Global, jika...

Kompas.com - 09/10/2014, 11:33 WIB
Jakarta Skyline. worldpropertychannel.comJakarta Skyline.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta tidak akan pernah masuk dalam jajaran elite kota global jika penyelenggara pemerintahannya mengabaikan komitmen dalam hal membenahi infrastruktur dan fasilitas publik, memperbaiki perekonomian, penciptaan regulasi dan birokrasi efektif dan efisien yang pada gilirannya meningkatkan kualitas hidup warganya.

Demikian Laporan Indeks Kota Global 2015 Knight Frank yang dipaparkan di Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Menurut Associate Director Consultancy and Research Knight Frank Indonesia, Hasan Pamudji, untuk masuk dalam jajaran kota global, sebuah kota harus memenuhi beberapa kriteria. Pertama, sudut pandang ekonomi, menyangkut tingkat gross domestic product  (GDP) atau pendapatan per kapitanya serta aktivitas pasar modalnya.

"Yang kedua adalah kriteria konstelasi politik, yang bisa dilihat dari jumlah kedutaan besar negara asing di kota tersebut. Ketiga kualitas hidup warganya yang sangat erat kaitannya dengan dengan tingkat pendidikan dan pengetahuan, rasa aman, kebebasan mengemukakan pendapat sebagai bagian dari demokrasi, dan kenyamanan tinggal di kota tersebut," papar Hasan.

Sementara ini, Jakarta belum termasuk dalam jajaran 15 kota elite dunia yang memenuhi kriteria-kriteria tersebut di atas. Kinerja Jakarta masih jauh di bawah Mumbai sebagai pemuncak Global Cities Index 2015 yang menawarkan prospek investasi di sektor perkantoran premium dengan imbal balik tertinggi 10,25 persen.

Jakarta juga keok dari Mexico City, Houston, Sydney, Washington, Shanghai, Madrid, Frankfurt, New York, San Fransisco, Paris, tokyo, London, Singapura, dan Hongkong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.