Kompas.com - 07/10/2014, 17:42 WIB
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi subsektor ritel masa depan di Tangerang diprediksi sangat prospektif, terutama pusat belanja untuk kalangan kelas menengah atas (middle up). Hal tersebut dimungkinkan karena densitas populasi masyarakat dengan stratifikasi sosial dan ekonomi menengah atas di kawasan itu terus bertambah.

"Di antara kawasan Jadebotabek, Tangerang dan disusul Bekasi, adalah kawasan yang sangat aktif dalam pengembangan ritel. Tahun ini, kawasan Tangerang memasok dua pusat belanja, yakni AEON Mall dan Grand Dadap Mall," ujar Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, dalam paparan tinjauan pasar ritel Jadebotabek, Selasa (7/10/2014).

AEON Mall dirancang seluas 75.000 meter persegi, sementara Grand Dadap Mall seluas 20.000 meter persegi.

Menurut Ferry, moratorium mal yang berlaku di Jakarta, ikut menjadi stimulan aktif yang mendorong pengembang mengalihkan ekspansi pembangunan ritel ke kawasan pinggiran, misalnya Tangerang dan kawasan pinggiran Jakarta lainnya. Terlebih, lanjut dia, tingkat hunian yang merefleksikan kebutuhan juga stabil, bahkan cenderung meningkat sekitar 85 persen.

"Menariknya pusat belanja dengan peritel yang menyasar kelas menengah atas mendominasi kawasan ini. Sebab, banyak perumahan dengan pasar bidikan serupa yang dikembangkan di sini, misalnya BSD City, Alam Sutera, Summarecon Serpong, Paramount Serpong dan Lippo Karawaci," katanya.

AEON Mall contohnya. Pusat belanja tersebut akan diisi oleh pengecer-pengecer asal Jepang dan juga peritel Indonesia. Pusat belanja itu menggenapi kehadiran mal eksisting dengan segmen kelas menengah lainnya, yakni Summarecon Mall Serpong, The Breeze, Mal Alam Sutera, Living World, Teraskota, Balekota, Bintaro Xchange dan lain-lain.

"Dari segmen harga pun mal-mal di kawasan Tangerang mencatat base rental  tertinggi, yakni Rp 337.642 per meter persegi per bulan atau meroket 13,5 persen sepanjang 2014," kata Ferry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.