Kompas.com - 30/09/2014, 10:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Dibanding tahun 2008 silam, biaya hidup dan bekerja di Dubai, Uni Emirat Arab sekarang jauh lebih terjangkau. Riset Savills bahkan menunjukkan angka 16 persen lebih rendah ketimbang saat properti di kota ini sedang booming.

Dalam riset World Report terbaru selama paruh pertama 2014, Savills menempatkan Dubai pada peringkat 9 dari 12 kota dengan biaya hidup tinggi. Tahun lalu, Dubai berada di posisi ketujuh.

"Dubai mungkin telah mengalami pertumbuhan harga yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, tetapi nilai properti masih jauh lebih rendah daripada di pusat-pusat utama dunia lainnya, macam London, Hongkong, New York, dan Paris," tulis Savills.

Konsultan properti ini menghitung indeks biaya hidup dengan mengukur total biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menyewa kantor dan hunian bagi karyawannya di 12 kota di seluruh dunia. Komponen biaya tersebut termasuk pajak dan fluktuasi nilai tukar.

"
Dubai telah melihat biaya hidup dan bekerja sebesar 16 persen lebih murah dibanding tahun 2008 silam. Hal ini membuatnya menjadi lebih terjangkau di antara sesama kota global lainnya," ujar Savills.

Biaya hidup dan bekerja per karyawan senilai 52.149 dollar atau Rp 637,3 juta per tahun. Sementara tahun enam tahun lalu sekitar Rp 733 juta per tahun.

"Dubai telah membangun dirinya sendiri sebagai safe haven di Timur Tengah. Di sektor perkantoran, ketidakstabilan politik umum di wilayah ini telah mendorong lebih banyak perusahaan beralih ke Dubai, sehingga tingkat kekosongan jauh lebih rendah. Kota ini telah memanfaatkan investasi dari barat yang menganggap Dubai tujuan kedua yang populer," jelas Savills.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.