Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afrika Selatan Punya Gedung Tertinggi dan Ramah Lingkungan Perdana

Kompas.com - 29/09/2014, 17:07 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Bangunan Portside, di Cape Town, Afrika Selatan, yang dirancang oleh dhk architects, akhirnya rampung pembangunannya. Pencakar langit setinggi 139 meter ini diakui sebagai menara tertinggi di kota tersebut.

Struktur komersial bangunan ini menjadi basis baru untuk Old Mutual dan tiga divisi FirstRand Bank: First National Bank, Rand Merchant Bank, dan Wesbank.

Dikembangkan melalui perusahaan gabungan dua perusahaan keuangan tersebut, Portside mencakup seluruh blok kota di sudut utara-barat Central Business District Cape Town. Untuk membedakan antara dua perusahaan ini, Portside menyediakan dua alamat terpisah.

Setiap pintu masuk memiliki plaza tersendiri, dengan FirstRand di Buitengracht Street dan Old Mutual di Bree Street. Gedung ini dilengkapi fasilitas parkir sebanyak 1.382 lot yang dapat diakses dari satu gerbang tunggal. Di sekitar menara, terdapat serangkaian kafe dan restoran tepat di samping kantor First National Bank.

Portside yang menempati area di Central City Urban Conservation, juga berfungsi sebagai katalisator untuk revitalisasi daerah. Karena, desain bangunan ini digambar dalam bangunan bertingkat menengah hingga tinggi di antara bangunan sekitarnya. Struktur bangunan dari kaca menonjolkan fasad ramping yang sepenuhnya dapat dibongkar untuk perubahan di masa mendatang. Selain itu, kaca-kaca ini juga dapat didaur ulang dan dipasang di mana pun.

Portside dianggap bangunan tinggi pertama di Afrika Selatan yang meraih bintang 5 dari Green Star SA Office Design sebagai bangunan ramah lingkungan. Hal ini direpresentasikan oleh tersedianya tempat pengisian energi untuk mobil listrik, fasilitas bersepeda termasuk ruang ganti, dan lampu LED di seluruh bangunan.

dhk mengatakan, gedung Portside mewujudkan kota hemat energi berkelas dunia yang berkembang pesat, dengan latar belakang menakjubkan dari Table Mountain.

"Sebagai inisiatif bersama antara Old Mutual dan FirstRand Bank, proyek senilai Rp 2,4 triliun ini merupakan investasi besar di wilayah barat, dan telah menjadi lahan yang menonjol di kawasan pusat bisnis di Cape Town," kata dhk.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com