Kompas.com - 29/09/2014, 17:07 WIB
Portside, Cape Town, Afrika Selatan. www.worldarchitecturenews.comPortside, Cape Town, Afrika Selatan.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Bangunan Portside, di Cape Town, Afrika Selatan, yang dirancang oleh dhk architects, akhirnya rampung pembangunannya. Pencakar langit setinggi 139 meter ini diakui sebagai menara tertinggi di kota tersebut.

Struktur komersial bangunan ini menjadi basis baru untuk Old Mutual dan tiga divisi FirstRand Bank: First National Bank, Rand Merchant Bank, dan Wesbank.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikembangkan melalui perusahaan gabungan dua perusahaan keuangan tersebut, Portside mencakup seluruh blok kota di sudut utara-barat Central Business District Cape Town. Untuk membedakan antara dua perusahaan ini, Portside menyediakan dua alamat terpisah.

Setiap pintu masuk memiliki plaza tersendiri, dengan FirstRand di Buitengracht Street dan Old Mutual di Bree Street. Gedung ini dilengkapi fasilitas parkir sebanyak 1.382 lot yang dapat diakses dari satu gerbang tunggal. Di sekitar menara, terdapat serangkaian kafe dan restoran tepat di samping kantor First National Bank.

Portside yang menempati area di Central City Urban Conservation, juga berfungsi sebagai katalisator untuk revitalisasi daerah. Karena, desain bangunan ini digambar dalam bangunan bertingkat menengah hingga tinggi di antara bangunan sekitarnya. Struktur bangunan dari kaca menonjolkan fasad ramping yang sepenuhnya dapat dibongkar untuk perubahan di masa mendatang. Selain itu, kaca-kaca ini juga dapat didaur ulang dan dipasang di mana pun.

Portside dianggap bangunan tinggi pertama di Afrika Selatan yang meraih bintang 5 dari Green Star SA Office Design sebagai bangunan ramah lingkungan. Hal ini direpresentasikan oleh tersedianya tempat pengisian energi untuk mobil listrik, fasilitas bersepeda termasuk ruang ganti, dan lampu LED di seluruh bangunan.

dhk mengatakan, gedung Portside mewujudkan kota hemat energi berkelas dunia yang berkembang pesat, dengan latar belakang menakjubkan dari Table Mountain.

"Sebagai inisiatif bersama antara Old Mutual dan FirstRand Bank, proyek senilai Rp 2,4 triliun ini merupakan investasi besar di wilayah barat, dan telah menjadi lahan yang menonjol di kawasan pusat bisnis di Cape Town," kata dhk.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.