Kompas.com - 18/09/2014, 13:56 WIB
Fondasi Kingdom Tower telah rampung. constructionweekonline.comFondasi Kingdom Tower telah rampung.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Proyek Kingdom Tower, di Jeddah, Arab Saudi, yang dibangun Jeddah Economic Company, siap memecahkan rekor pencakar langit tertinggi di dunia saat ini, Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab.

Ketinggian Burj Khalifa menjulang 828 meter, sementara Kingdom Tower dirancang mengangkasa 1 kilometer (1.000 meter).

Keyakinan Jeddah Economic Company bukan tanpa alasan. Pasalnya, pembangunan elemen dasar (fondasi) dan struktur bawah tanah (subterranean) telah rampung dikerjakan. Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah membangun tahap struktur bagian atas.

"Kami telah menyelesaikan pekerjaan bawah tanah. Sekarang kami sedang berada di atasnya. Kami akan memanfaatkan peralatan, metode dan material konstruksi terbaik. Kerja Liebherr dan WOLFFKRAN, kontraktor kami, sangat mengesankan dan inovatif," ujar CEO Jeddah Economic Company, Mounib Hammoud.

Liebherr dan WOLFFKRAN menggunakan enam crane. Satu di antaranya adalah Liebherr jenis 357 HC-L, yang dapat mengangkat beban 18 ton dengan kecepatan 44 meter per menit.

Dengan rampungnya pembangunan fase fondasi, konstruksi struktur lantai di atasnya akan dimulai September ini. Diharapkan, sepuluh lantai pertama bakal rampung sebelum akhir tahun 2014.

Kingdom Tower dirancang setinggi 1 kilometer yang mencakup 170 lantai. Tujuh lantai di antaranya dialokasikan untuk hotel bintang lima yang dikelola jaringan internasional Four Seasons. Hotel ini berisi 200 kamar mewah dan 121 unit apartemen servis.

Sedangkan tujuh lantai lainnya akan dioperasikan sebagai perkantoran. Selain itu, Kingdom Tower juga dilengkapi dengan apartemen sebanyak 318 unit yang mengokupasi 61 lantai gedung.

Adapun fasilitas yang melengkapinya antara lain pusat kebugaran, spa, kafe dan restoran, dua lobi dan dek observasi tertinggi di dunia, yang berada di ketinggian 644 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.