Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kingdom Tower Siap Pecahkan Rekor Bangunan Tertinggi Dunia

Kompas.com - 18/09/2014, 13:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Proyek Kingdom Tower, di Jeddah, Arab Saudi, yang dibangun Jeddah Economic Company, siap memecahkan rekor pencakar langit tertinggi di dunia saat ini, Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab.

Ketinggian Burj Khalifa menjulang 828 meter, sementara Kingdom Tower dirancang mengangkasa 1 kilometer (1.000 meter).

Keyakinan Jeddah Economic Company bukan tanpa alasan. Pasalnya, pembangunan elemen dasar (fondasi) dan struktur bawah tanah (subterranean) telah rampung dikerjakan. Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah membangun tahap struktur bagian atas.

"Kami telah menyelesaikan pekerjaan bawah tanah. Sekarang kami sedang berada di atasnya. Kami akan memanfaatkan peralatan, metode dan material konstruksi terbaik. Kerja Liebherr dan WOLFFKRAN, kontraktor kami, sangat mengesankan dan inovatif," ujar CEO Jeddah Economic Company, Mounib Hammoud.

Liebherr dan WOLFFKRAN menggunakan enam crane. Satu di antaranya adalah Liebherr jenis 357 HC-L, yang dapat mengangkat beban 18 ton dengan kecepatan 44 meter per menit.

Dengan rampungnya pembangunan fase fondasi, konstruksi struktur lantai di atasnya akan dimulai September ini. Diharapkan, sepuluh lantai pertama bakal rampung sebelum akhir tahun 2014.

Kingdom Tower dirancang setinggi 1 kilometer yang mencakup 170 lantai. Tujuh lantai di antaranya dialokasikan untuk hotel bintang lima yang dikelola jaringan internasional Four Seasons. Hotel ini berisi 200 kamar mewah dan 121 unit apartemen servis.

Sedangkan tujuh lantai lainnya akan dioperasikan sebagai perkantoran. Selain itu, Kingdom Tower juga dilengkapi dengan apartemen sebanyak 318 unit yang mengokupasi 61 lantai gedung.

Adapun fasilitas yang melengkapinya antara lain pusat kebugaran, spa, kafe dan restoran, dua lobi dan dek observasi tertinggi di dunia, yang berada di ketinggian 644 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com