Kompas.com - 16/09/2014, 20:11 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuh tokoh konstruksi dan properti Nasional memelopori kelahiran "Hari Bangunan Indonesia" (HBI) yang rencananya akan dideklarasikan pada tanggal 11 November 2014 mendatang.

Ketujuh tokoh tersebut adalah Dradjat Hoedajanto (Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia), Eddy Hussy (Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia), Han Awal (budayawan), Munichy B Edrees (Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia), Siti Adiningsih Adiwoso (Ketua Green Building Council Indonesia), Wilfred A Sangkali (Ketua Asosiasi Precast Indonesia), dan Wiratman Wangsadinata (pakar konstruksi).

"Hari Bangunan Indonesia" merupakan gagasan besar yang difasilitasi PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dalam mengajak seluruh pelaku konstruksi meliputi kontraktor, pengembang, industri bahan bangunan, arsitek, akademisi dan unsur masyarakat lainnya untuk menjaga komitmen terhadap standard bangunan berkualitas, memiliki durabilitas tinggi, ramah lingkungan serta mencerminkan budaya Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana Pencanangan "Hari Bangunan Indonesia", Troy D Soputro, menjelaskan, selain mengajak pelaku industri konstruksi, inisiasi ini juga bertujuan untuk mendorong pengembangan-pengembangan dan inovasi baru di bidang desain, material, metode maupun teknologi yang dapat menghasilkan bangunan berkualitas.

"Indonesia ini negara rawan bencana yang sangat membutuhkan standard bangunan yang cocok dengan kondisi tersebut, dan tentu saja berkualitas. Kami berharap, HBI ini dapat melahirkan kesadaran di antara para pelaku industri konstruksi untuk lebih meningkatkan kualitas bangunan, dengan standard tinggi. Kami ingin menghilangkan kebiasaan buruk membangun dengan kualitas apa adanya," papar Troy kepada Kompas.com, sesaat sebelum penjurian Indocement Awards 2014 digelar Selasa (16/9/2014).

Menurut Troy, kegiatan-kegiatan yang bersifat edukasi, pengembangan teknologi bangunan, dan merawat bangunan akan mewarnai momentum "Hari Bangunan Indonesia". Kegiatan-kegiatan tersebut seperti edukasi tukang bangunan, kampanye bangunan berkualitas, seminar teknologi konstruksi, bersih-bersih bangunan bersejarah dan infrastruktur kota, diharapkan dapat dilakukan secara bersama setiap memperingati HBI.

"Kita melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan pelaku industri konstruksi untuk berkegiatan dan berkontribusi secara nyata untuk kemajuan Indonesia," tandas Troy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.