Kompas.com - 16/09/2014, 14:49 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com -  Lomba karya tulis Indocement Awards 2014 kategori "Semen Tiga Roda Writing Competition Awards", memunculkan kreatifitas dan inovasi-inovasi baru yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan publik dan perbaikan lingkungan.

Sebanyak 112 karya tulis yang masuk dalam kategori "Semen Tiga Roda Writing Competition Awards 2014" yang penjuriannya dilakukan pada Selasa (16/9/2014).

Ketua Dewan Juri Indocement Awards kategori karya tulis, Solihin As'ad, mengatakan, kualitas karya tulis yang dilombakan kali ini mengalami peningkatan dengan spektrum kajian lebih luas. Tidak hanya terpaku pada bidang konstruksi melainkan juga menyentuh berbagai aspek lainnya seperti ekonomi, sosial, budaya, dan pelestarian lingkungan.

"Kajian karya tulis lebih luas, para peserta berani mengeksplorasi lebih jauh mengenai penggunaan bahan-bahan baru dan terbarukan, seperti penggunaan biocement dan floating structure yang terhitung merupakan hal baru di Indonesia," ujar Solihin kepada Kompas.com.

Hal senada dikatakan Corporate HRD Manager PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., Dani Handajani, upaya peserta untuk menampilkan karya tulis berkualitas sangat menginspirasi. Mereka mampu menampilkan karya terbaik. 

"Secara umum karya tulis yang masuk sangat bagus, kreatif, dan bervariasi. Saya berharap ini dapat berguna dan mudah diimplementasikan, baik secara industrial maupun kepentingan umum. Kami terus mendukung anak muda dalam menghasilkan karya tulisan dengan ide segar, dan gagasan kreatif," imbuh Dani.

Indocement Awards 2014 sendiri merupakan sebuah bentuk apresiasi bergengsi untuk kalangan pengembang, kontraktor, arsitek, peneliti, mahasiswa, dan publik, yang mulai digelar pada Rabu (12/3/2014) lalu. Indocement Awards 2014 merupakan kegiatan dua tahunan keempat yang digelar PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk sejak 2008.

Tahun ini tema besar kegiatan penganugerahan tersebut bertema "Bagusnya Indonesia". Pada penyelenggaraan kali ini, Indocement Awards 2014 terbagi menjadi lima kategori. Kelima kategori itu meliputi "Contractor Award" yang diperuntukan khusus bagi kontraktor, "Developer Award" khusus untuk para pengembang, "Semen Tiga Roda Writing Competition Award" untuk mahasiswa dan umum, "Semen Tiga Roda Architectural Design Award" untuk kalangan umum, serta "Semen Tiga Roda Fabrication House Competition Award" khusus kalangan akademisi di perguruan tinggi.

Adapun juri Indocement Awards 2014 adalah sosok yang memiliki kompetensi dan kredibilitas di bidang konstruksi, arsitektur, pengamat, akademisi, dan pemerintah. Beberapa juri itu antara lain pakar pembangunan perkotaan dan perencana kota (planolog) M Danisworo, peneliti utama yang juga Kepala Balai Perumahan dan Lingkungan Puslitbang Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum, Arief Sabaruddin, arsitek finalis Aga Khan Award 2013, Yori Antar, pengamat properti Ali Tranghanda, serta perancang Signature Tower Jakarta, Tiyok Prasetyoadi.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.