Dari yang Langka hingga Kemewahan Terkini di Museum Porsche....

Kompas.com - 13/09/2014, 09:00 WIB
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Berlokasi di sisi jalan dekat dengan pabriknya, Museum Porche pertama kali dibuka pada 1976. Meskipun berstruktur kecil, museum ini mampu menampung 20 pameran dalam satu rotasi.

Porsche membangun museum tersebut untuk memamerkan persediaan 300 mobilnya yang seluruhnya dalam kondisi asli dan terawat baik. Pada awal 2003, Arsitek asal Austria, Delugaan Meissl, merencanakan museum baru di Distrik Utara Zuffenhausen, Stuttgart, yakni di sebelah Porsche. Pembangunannya memakan waktu tiga tahun, yang diawali oleh upacara pembukaan pada 2009 lalu. Pembangunan museum itu menghabiskan 100 juta euro.

www.designboom.com Pembangunannya memakan waktu tiga tahun, yang diawali oleh upacara pembukaan pada 2009 lalu. Pembangunan museum itu menghabiskan 100 juta euro.
Di dalamnya, HG Merz merancang area pameran seluas 5.600 meter persegi yang mampu memuat 80 pameran dengan berbagai jenis mobil langka dan model bersejarah. Untuk meningkatkan fasilitas, fotografer Pygmalion Karatzas menangkap tampilan ikonik dan representatif.

Tampilan itu menggambarkan kesan keunikan institusi. Ide Porsche, sejarah produk, dan kelompok tematik adalah 3 elemen penting yang terkandung dalam konsep museum ini.

Ide tersebut fokus pada spesifikasi, yakni solusi dengan teknik trailblaze agar membuat pengunjung tertantang menyusuri seluruh area. Sejarah produk dijadikan presentasi yang dibuat secara kronologis tentang brand Porsche sejak 1948 hingga versi terkini.

www.designboom.com Ide Porsche, sejarah produk, dan kelompok tematik adalah 3 elemen penting yang terkandung dalam konsep museum ini.
Adapun "kelompok tematik" mengacu pada kegiatan-kegiatan besar yang diadakan selama Porsche berdiri. Konsep utama pendekatannya adalah pada penerjemahan brand pada bahasa arsitektur.

Untuk merealisasikan hal tersebut, fasilitas di dalam museum menonjolkan kondisi spesifik yang Porsche sampaikan, baik secara perhitungan volumetris maupun secara perasaan kepada pengunjung. Menurut Delugan Meissl, konsep desain museum ini menunjukkan persepsi Meissl terhadap gedung ini sebagai organisme yang interaktif, yakni berfungsi untuk menghubungkan seluruh bagian. Interaksi antara gedung dan lingkungannya dapat dipakai baik secara fungsional atau praktikal.

Karakter spesifik dari lingkungan ini adalah dapat berfungsi sebagai pemandangan perkotaan yang interpretasinya tergantung pada pendekatan perusahaan. Untuk itulah, museum tersebut didesain dengan bentuk dinamis, berstruktur balok batu besar, yang tampak terpisah dari lipatan pada lantai dasar. Refleksi dari terasnya menyerap dataran arsitektural di bawahnya dan meningkatkan atmosfir jarak antara area dasar dan area pameran. 

www.designboom.com Konsep desain museum ini menunjukkan persepsi Meissl terhadap gedung ini sebagai organisme yang interaktif, yakni berfungsi untuk menghubungkan seluruh bagian. Interaksi antara gedung dan lingkungannya dapat dipakai baik secara fungsional atau praktikal.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.