Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Masa Depan, Lumbung Tua Disulap Jadi Apartemen

Kompas.com - 08/09/2014, 16:34 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - COBE, sebuah firma arsitektur asal Demark, kini mulai menjelma sebagai industri pembangunan terbesar di Nordhavnen. Proyek terbarunya ini ingin mengubah sebuah silo (lumbung tua) menjadi apartemen dengan dua fungsi, privat dan publik.

Bagi COBE, yang juga menciptakan rencana perkembangan kaum urban di Nordhavnen, proyek tersebut merupakan permulaan dalam pembangunan di area pasca indutrial untuk masa depan. Nordhavnen sendiri adalah sebuah area pelabuhan yang berjarak 4 km dari pusat kota Kopenhagen.

Mengubah silo menjadi apartemen baru dan berkelas memang menjadi tantangan. Di satu sisi, silo tua masih memiliki nilai sejarah tinggi.

"Hal menarik dari properti industrial tua adalah bagaimana kita bisa melestarikan jiwanya dan di saat yang bersamaan kita juga harus menggunakan mereka untuk hal lainnya," ujar Klaus Kastbjerg, pemilik silo.

www.archdaily.com Variasi spasial dalam silo sangat besar mengingat fungsinya sebagai tempat penyimpanan biji-bijian sehingga menghasilkan sebuah apartemen yang unik nantinya.
Untuk melestarikan nilai-nilai historis silo, COBE selaku sang arsitek akan mempertahankan bahan industri yang ada pada silo. Masing-masing dari 40 apartemen akan dipasang sisa-sisa sejarah yang bisa dilihat pada kolom beton dan dinding.

Variasi spasial dalam silo sangat besar mengingat fungsinya sebagai tempat penyimpanan biji-bijian sehingga menghasilkan sebuah apartemen yang unik nantinya. Luas apartemen berjarak antara 80 meter persegi sampai 800 meter persegi untuk apartemen tunggal dan bersusun. Keunggulannya, tiap apartemen memiliki pandangan panorama luas dengan posisi balkon langsung mengarah ke cakrawala kota.

www.archdaily.com Luas apartemen berjarak antara 80 meter persegi sampai 800 meter persegi untuk apartemen tunggal dan bersusun. Keunggulannya, tiap apartemen memiliki pandangan panorama luas dengan posisi balkon langsung mengarah ke cakrawala kota.
Elemen publik dari bangunan ini terletak pada lantai atas dan dasar yang menciptakan pengalaman multidimensi bagi penggunanya. Silo akan digunakan untuk tujuan publik seperti sebagai tempat pameran, acara, dan konferensi.

Di lantai atas akan ada restoran yang memberikan pandangan 360 derajat ke seantero Kopenhagen. Sementara interior gedung dipertahankan sebanyak mungkin, eksterior gedung akan dibuat dengan fasad yang sesuai dengan standar normal gedung.

Terlepas dari perubahan besar ini, segala bentuk pemeliharaan dan pembangunan apartemen ini memberikan karakter berbeda pada silo dan pada akhirnya akan menjadikannya sebagai simbol kota modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com