Kompas.com - 22/08/2014, 13:46 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Definisi kenyamanan rumah tidak sama bagi tiap orang. Hanya, ada beberapa garis merah bisa diambil sebagai tolok ukur kenyamanan rumah di Indonesia.

Sebagai contoh, setiap pemilik rumah tentu menginginkan pencahayaan ideal dan suhu ruangan yang nyaman. Kedua hal itu bisa didapatkan dengan memanfaatkan alat elektronik. Namun, pemilik rumah juga harus rela membayar listrik dengan mahal.

Sebenarnya, tersedia solusi efektif mencapai kenyamanan di dalam rumah tanpa perlu boros penggunaan listrik. Pemilik rumah bisa mendesain rumah dengan sirkulasi yang baik, penggunaan material "adem", atau menggunakan teknologi tepat guna. Teknologi semacam ini termasuk teknologi "rumah pintar" yang bisa mengatur pola pemakaian listrik di dalam rumah.

Jargon yang sama rupanya didengungkan pula oleh perusahaan listrik dunia, Schneider Electric. Lewat kampanye bertema Life is On dan EZInstall 3, perusahaan tersebut menawarkan solusi otomatisasi di dalam rumah dan sistem kendali pencahayaan. Lewat solusi ini, Schneider Electric memperkenalkan teknologi yang bisa beradaptasi dengan kehidupan penghuni rumah, bahkan meningkatkan kualitas hidupnya.

"Schneider Electric melihat bahwa rumah tidak hanya sekedar sebuah struktur fisik atau bangunan untuk tempat berlindung, melainkan sebuah surga bagi penghuninya untuk beristirahat, mendapatkan inspirasi, dan berbagi momen istimewa dengan orang-orang tercinta. Hal itulah yang kami kedepankan melalui kampanye Life is On, di mana kami ingin menginspirasi masyarakat mengenai berbagai kemungkinan menjadikan rumah mereka lebih hidup, nyaman serta aman ditinggali, tentunya dengan menggunakan teknologi dan solusi kelistrikan yang tepat dan berkualitas," ujar Vice President Partner Retail Business Schneider Electric Indonesia, Cin Cin Go, dalam siaran pers kepada Kompas.com, Jumat (22/8/2014).

www.shutterstock.com Tersedia solusi efektif mencapai kenyamanan di dalam rumah tanpa perlu boros penggunaan listrik. Pemilik rumah bisa mendesain rumah dengan sirkulasi yang baik, penggunaan material
Cin Cin Go mengatakan, perusahaannya menyediakan laman web yang bisa diakses masyarakat untuk mengetahui produk hemat energi, solusi kelistrikan, bahkan cara menghemat listrik di rumah. Dalam laman web yang sama, Schneider juga mengajak masyarakat mulai menerapkan proyek penghematan energi di rumah dengan menggunaan sistem kendali pencahayaan (lighting control system). Meski masih dipandang sebagai barang mewah, penggunaan sistem ini bisa menyediakan pencahayaan yang pas bagi kebutuhan pemilik rumah.

Anda tertarik?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.