Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang Bersama Hewan Liar? Di Sini Tempatnya...

Kompas.com - 19/08/2014, 20:00 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Penghuni kota pesisir, dan kota-kota di sepanjang aliran sungai di negara maju, mulai menyuarakan gerakan menarik, yaitu membangun kolam renang di daerah perairan. Setelah penduduk New York membuat "+pool" dengan menghimpun donasi dari penduduk setempat, kini London juga ikut menyuarakan gerakan serupa.

Tujuannya sebenarnya sederhana. Penduduk kota punya kerinduan untuk menikmati lingkungannya. Salah satu caranya dengan berenang di alam terbuka.

Gerakan The Thames Baths Project diluncurkan pada 2013. Proyek tersebut bertujuan mengembalikan kegiatan renang ke sungai terkenal London, Thames. Kolam renang ini tidak hanya ditujukan bagi para perenang, tetapi juga untuk berbagai macam hewan liar dan tumbuhan setempat.

Studio Octopi / The Thames Baths Project The Thames Baths Project menawarkan kolam renang publik bagi penduduk London. Proyek yang mulanya diluncurkan pada 2013 tersebut tidak hanya ditujukkan bagi para perenang, namun juga menjadi lokasi aman bagi ikan, burung, dan berbagai jenis tanaman.
Studio arsitektur Octopi merupakan satu dari lima kelompok yang menggodok visi bagi proyek ini. Studio tersebut merilis strategi berupa kolam renang air tawar mengapung di tangga tanggul Victoria. Octopi mendesain tiga kolam, yaitu kolam renang formal berukuran besar, kolam berbentuk oktagon, dan kolam yang lebih dalam.

Ide buatan Studio Octopi baru saja dirilis pada Agustus 2014 ini. Ide tersebut, bersama berbagai proposal lainnya, akan dipamerkan di Royal Academy of Arts.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com