Fase Terburuk, Okupansi Hotel di Dubai Anjlok!

Kompas.com - 13/08/2014, 13:38 WIB
Pasar properti Dubai belum mencapai klimaks. worldpropertychannel.comPasar properti Dubai belum mencapai klimaks.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Okupansi hotel-hotel di Dubai memasuki fase terendah setidaknya dalam 18 tahun terakhir pada Juli lalu. Lebih dari setengah jumlah hotel-hotel itu bahkan kosong, demikian riset STR Global.

Data STR Global memaparkan, tingkat hunian hotel menurun 11,8 persen menjadi 45,4 persen dari tahun sebelumnya. Itu merupakan capaian terendah sejak perusahaan itu mulai melakukan riset pasar pasar perhotelan Dubai.

Dubai, yang semakin terkenal sejak hadirnya Burj al Arab, berencana menambah hampir dua kali lipat jumlah kamar hotel pada 2020 mendatang. Mereka mengharapkan adanya lonjakan pengunjung menjelang World Expo tahun itu.

Helal Saeed Almarri, Direktur Jenderal Pariwisata dan Perdagangan Dubai, mengatakan pada Maret lalu, bahwa Uni Emirat Arab menargetkan sekitar 160.000 kamar hotel, yang diantaranya adalah hotel bintang empat.

"Juli lalu adalah salah satu bulan terpanas di kawasan ini dan bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan. Kota ini memiliki kecenderungan negatif secara keseluruhan, sementara pasokan terus tumbuh," Elizabeth Winkle, Managing Director STR Global.
 
Pada 2013 lalu Dubai berhasil menarik 11 juta wisatawan. Capaian itu naik 11 persen dari tahun 2012.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X