Tahu Rahasia Meredam Bising? Pakai Plafon Gipsum!

Kompas.com - 12/08/2014, 17:22 WIB
Sebagai contoh, papan gipsum dengan NRC 0,7 bisa meminimalisir suara bising hingga 70 persen (berdasarkan rata-rata empat frekuensi, 250, 500, 1000, 2000 Hz). www.houzz.comSebagai contoh, papan gipsum dengan NRC 0,7 bisa meminimalisir suara bising hingga 70 persen (berdasarkan rata-rata empat frekuensi, 250, 500, 1000, 2000 Hz).
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Keheningan merupakan barang langka di tengah kota. Hal ini terjadi lantaran suara bising dari kendaraan bermotor yang terus menderu selama 24 jam di luar rumah.

Sejauh ini, para peneliti sudah mulai mencari solusi untuk meredam kebisingan tersebut. Namun, pemilik rumah ternyata bisa mulai mengurangi kebisingan di dalam rumahnya hanya melalui pemakaian soundproofing atau lapisan antibising.

Tetapi, sebelum memasang lapisan antibising, pemilik rumah perlu mengetahui sumber masuknya suara ke dalam rumah. Sumber itu perlu dicari agar masalah bisa diselesaikan, misalnya mengecek jendela, pintu, dinding, atau lubang ventilasi. Cek juga celah di langit-langit rumah. Boleh jadi, lokasi-lokasi tersebut merupakan sumber masalah yang membawa masuk suara ke dalam rumah.

Berbeda dari praktik umum yang hanya menempatkan lapisan antibising di dinding, plafon juga perlu mendapat perhatian khusus. Suara bisa masuk atau memantul lewat plafon. Tak hanya berasal dari luar, suara dari dalam rumah yang terus memantul pun bisa menganggu.   

www.shutterstock.com Penggunaan plafon gipsum tidak hanya membuat rumah
Alih-alih menggunakan plafon dari triplek yang berpotensi memantulkan suara, cobalah mulai mempertimbangkan penggunaan papan gipsum. Papan gipsum khusus akustik, terutama yang diproduksi oleh perusahaan ternama, umumnya aman bagi penghuni rumah dan efektif menjalankan fungsinya.

Technical Manager USG Boral, Indra Budi Wibowo menjamin bahwa papan gipsum yang ditawarkan perusahaannya bebas asbestos. Kepada Kompas.com Indra menjelaskan, bahwa papan gipsum dengan spesifikasi khusus akustik memiliki Noise Reduction Coefficient (NRC) lebih tinggi dari material lainnya. Sebagai contoh, papan gipsum dengan NRC 0,7 bisa meminimalisir suara bising hingga 70 persen (berdasarkan rata-rata empat frekuensi, 250, 500, 1000, 2000 Hz).

"Papan gipsum pun meredam suara dengan lebih baik," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal menarik lainnya adalah faktor keamanan. Penggunaan plafon gipsum tidak hanya membuat rumah "aman" dari suara bising, namun juga dari bahaya kebakaran. Papan gipsum rupanya lebih efektif menahan rembetan api.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X