Kompas.com - 07/08/2014, 16:50 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com — Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Bali pada Juni 2014 merupakan yang tertinggi di Indonesia dengan angka 62,10 persen. 

Daerah Istimewa Yogyakarta berada di urutan kedua dengan TPK 61,45 persen, dan Kalimantan Timur di peringkat ketiga dengan TPK 61,43 persen.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), selain mencapai kinerja TPK tertinggi, hotel-hotel berbintang di Bali juga mencatat tingkat lama tamu asing dan domestik menginap (length of stay) sebanyak 2,94 hari.

Menyusul Bali, tamu asing dan lokal juga betah bermalam di hotel berbintang Aceh selama 2,87 hari dan Nusa Tenggara Barat selama 2,28 hari.

Secara umum, dari 27 provinsi yang didata BPS, TPK mencapai rerata 55,40 persen atau merosot 1,18 poin dibandingkan TPK periode yang sama tahun lalu yang sebesar 56,58 persen. Sementara jika dibandingkan dengan TPK Mei 2014 yang tercatat 52,72 persen, TPK Juni mengalami pergeseran 2,68 poin.

Adapun rerata tamu menginap mencapai 1,86 hari. Ini berarti terjadi penurunan tipis 0,05 poin jika dibanding rerata lama tamu menginap pada Juni 2013. Begitu juga bila dibandingkan dengan pencapaian pada Mei 2014 yang turun 0,13 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.